TGT learning model assisted by puzzle on students' learning outcomes in the excretory system
DOI:
https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.149Keywords:
excretory system, learning outcomes, puzzle media, team games tournament model, TGTAbstract
Biology learning in the schools studied still relies on conventional methods, which result in low student participation and learning outcomes. This provides a crucial foundation for researching to develop a more interactive and effective learning model. This study aims to examine the effect of implementing the Team Games Tournament (TGT) learning model combined with puzzle media on student learning outcomes in the excretory system material in senior high schools (SMA/MA). The research method employed is a quantitative approach with a quasi-experimental design, specifically a pretest-posttest control group design. The study population consisted of all students in grade XI IPA, with sampling conducted using a cluster random sampling technique. The students were divided into an experimental class (receiving implementation of TGT with puzzle media) and a control class (receiving the conventional method). The research instrument was a learning outcome test given before and after the treatment. The results showed a significant difference between the two groups. The average posttest score of the experimental class was higher than that of the control class. An independent t-test revealed that the TGT model, assisted by puzzles, had a positive effect on learning outcomes. Thus, the application of the TGT model with puzzle media has proven effective in increasing active participation, motivation, and student learning outcomes in the excretory system material.
Abstrak
Pembelajaran Biologi pada sekolah yang diteliti masih banyak menggunakan metode konvensional yang menyebabkan rendahnya partisipasi dan hasil belajar peserta didik. Hal ini menjadi dasar penting dilaksanakannya penelitian untuk mencari model pembelajaran yang lebih interaktif dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) yang dipadukan dengan media puzzle terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi di SMA/MA. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu tipe pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling yang membagi peserta didik ke dalam kelas eksperimen (penerapan TGT dengan media puzzle) dan kelas kontrol (metode konvensional). Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Uji t independen menunjukkan bahwa model TGT berbantuan puzzle berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Dengan demikian, penerapan model TGT dengan media puzzle terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi aktif, motivasi, dan hasil belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi.
Kata Kunci: hasil belajar; media puzzle; model team games tournament; sistem ekskresi; TGT
References
Adam, U. A., Lameed, S. N., Tonade, O., Onowugbeda, F. U., Ayodeji, B., Michael, I. A., & Muraina, I. O. (2023). A new piece of the puzzle: Deploying technologically-enhanced jigsaw method to solve the puzzle of meaningful learning in Biology. Aseana Science and Education Journal, 3(1), 8-17.
Afra, Y., Rahmawati, P., & Widya, A. F. (2020). Pengaruh media papan puzzle terhadap pemahaman konseptual matematika siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 74-86.
Agusminarti, A., & Hudi, I. (2020). Developing android-based Team Games Tournament (TGT) type cooperative learning for students academic achievement in Biology. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran), 4(6), 1277-1286.
Amalia, D., Shopia, Z., Noorkhalisah, N., Asniwati, A., & Ferdiyansyah, A. (2025). Identifikasi keaktifan belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran team games tournament (studi kasus pembelajaran IPS Kelas 4 SDN Telaga Biru 7). Jurnal Cahaya Edukasi, 3(3), 6-12.
Bakri, A. C, Mulyono. M., & Syahputra, E. (2021). The effects of using the inquiry learning model to develop critical thinking skills in grade 7 Mathematics students at the Langsa State Junior High School. American Journal of Educational Research, 9(6), 391-395.
Darmansyah, F., Ayu, S. P., & Haris, A. (2025). Pemanfaatan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran desain grafis percetakan di SMK Muhammadiyah 2 Tangerang. Journal of Management and Business, 2(1), 53-63.
Darmayanti, I., Fitri, R., & Syamsurizal, S. (2022). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar Biologi aspek kognitif dan psikomotor. Bioma: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 4(2), 18-25.
Dewi, A. Y. R., & Kristiantari, M. R. (2020). Pengaruh model pembelajaran auditory intellectually repetition berbantuan multimedia terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Mimbar Ilmu, 25(1), 75-86.
Diah, R., & Siregar, N. (2023). Pengaruh model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) modifikasi metode gasing terhadap hasil belajar Matematika siswa. Edukasia Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 1033-1042.
Hafidah, E., Sumardi, S., & Suryana, Y. (2020). Pengembangan media puzzle tentang sejarah kerajaan Hindu Budha di indonesia untuk siswa sekolah dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 71-81.
Hafizah, H., Agustina, E., Annisa, M., Fajeriadi, H., Zaini, M., Imellia, H., ... & Putra, A. P. (2024). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep Biologi. Journal of Bio-Creaducation, 1(2), 66-71.
Handini, I. N., & Budiyanto, M. (2023). Penerapan model pembelajaran teams games tournament dengan media permainan monopoli IPA pada materi sistem ekskresi manusia untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(7), 2063-2072.
Hasyim, I. (2020). Meningkatkan prestasi belajar PKN konsep mendeskripsikan pengertian organisasi melalui penerapan metode simulasi pada siswa kelas V SD Negeri Truko 01 UPTD Pendidikan kecamatan Bringin semester 2 tahun pelajaran 2015/2016. Janacitta: Journal of Primary and Children’s Education, 3(1), 66-76.
Helendra, H., & Sari, D. R. (2021). Pengembangan instrumen asesmen berbasis literasi sains tentang materi sistem ekskresi dan sistem pernapasan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 17-25.
Herman, M., & Saleh, A. R. (2023). Blended learning dan hasil belajar Biologi siswa SMA: Sebuah meta-analisis. Biology and Education Journal, 3(1), 37-49.
Kardiyanto, A., Kintan, L., & Maria, M. S. (2024). Implementasi model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) dalam pembelajaran PPKn. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(4), 683-696.
Kristiana, I., Nurwahyunani, A., & Dewi, E. R. S. (2017). Pengaruh model pembelajaran TGT menggunakan media puzzle terhadap keaktifan dan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem ekskresi siswa kelas VIII MTs N 1 Semarang. Bioma: Jurnal Ilmiah Biologi, 6(2), 78-92.
Lubis, M., Solehudin, R. H., & Safitri, N. D. (2024). Seberapa “pengaruh” media, fasilitas, dan minat belajar terhadap hasil belajar Ekonomi siswa?. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(3), 180-188.
Maulidah, M., Leksono, S. F., & Farhurohman, O. (2025). Analisis penggunaan media puzzle dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas III sekolah dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 11(2), 1-16.
Mugiyatmi, M. (2023). Pengaruh model pembelajaran teams games tournaments terhadap hasil belajar PPKN siswa kelas IV SDN Pacar. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 799-805.
Mulyasari, I., & Ardiansyah, R. (2025). Meningkatkan keaktifan peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPAS. Journal in Teaching and Education Area, 2(1), 1-14.
Munandar, A., Cahyarani, M., Arianto, R., Ramadhana, R., Ghazali, A., Nurhayati, T., ... & Pratiwi, D. F. (2025). Analisis faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Jurnal Penelitian Inovatif, 5(1), 313-320.
Nairo, M. A. I., Kase, E. B. S., & Maly, E. I. D. J. E. (2025). The impact of puzzle games on the creative thinking skills of kindergarten students at St. Maria Ratu Rosario Waipaddi Southwest Sumba. Multidisciplinary Journal, 2(1), 43-56.
Nilasari, A. E. C., Ferryka, P. Z., & Yuliana, Y. (2024). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran TGT dalam pembelajaran Matematika kelas 2 SDN 1 Karangduren Tahun Ajaran 2023/2024. Simpati, 2(4), 86-103.
Nofriansyah, N., Wardiman, J., & Rahmi, Y. (2024). The effect of the Team Games Tournament (TGT) learning model on students' achievement in economics education. Journal of Economics and Economic Education, 1(2), 144-155.
Nugraha, C. P., & Subroto, W. T. (2020). Pengaruh penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan media role card terhadap motivasi belajar dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas x SMA Negeri 2 Kediri. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 70-75.
Nurbaya. N., (2021). Peningkatan hasil belajar Biologi siswa materi sistem ekskresi pada manusia melalui penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT) di kelas XI MIA 4 SMA Negeri 3 Sumbawa Besar semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Jurnal Kependidikan, 5(2), 32-40.
Paratiwi, T., & Ramadhan, Z. H. (2023). Model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas V sekolah dasar. Journal of Education Action Research, 7(4), 603-610.
Prasaliani, C. A., Safruddin, S., & Khair, B. N. (2021). Pengaruh model pembelajaran kooperatif teams games tournamnet dengan media puzzle terhadap hasil belajar IPA Kelas IV SDN 28 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 603-608.
Pratama, A. N., Fitria, A., & Hikmah, N. (2024). Internalisasi nilai keimanan dalam materi ‘Sistem Ekskresi Manusia’ mata pelajaran IPA kelas VIII. Islamic Learning Horizons: Journal of Islamic Education, 1(4), 189-201.
Ratnawati, D., Kusumaningrum, K. D., & Muhtarom, T. (2024). Analisis perbandingan komparasi pendidikan negara maju untuk kemajuan pendidikan sekolah dasar di Indonesia. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(3), 110-118.
Risana, F., Hadi, A. I. M., Pratama, A., Rahmah, F., & Syafe’i, I. (2025). Transformasi metode pembelajaran pendidikan agama Islam: Dari konvensional ke pendekatan student-centered learning. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 619-632.
Rıstanto, R., Rahayu, S., & Mutmainah, S. (2021). Conceptual understanding of excretory system: Implementing cooperative integrated reading and composition based on scientific approach. Participatory Educational Research, 8(1), 28-47.
Sam, R., & Sulastri, C. (2024). Profesionalisme guru dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa. Arini: Jurnal Ilmiah dan Karya Inovasi Guru, 1(1), 1-16.
Samarinda, E. P., Tutut, H., & Fuaddilah, A. S. (2022). Pengaruh penggunaan media pembelajaran crossword puzzle terhadap hasil belajar tematik tema 5 subtema 1 kelas V Min 08 Muara Enim. Ulil Albab: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 752-755.
Samosir, A. R., & Manalu, K. (2025). Augmented reality media Assemblr Edu in Biology learning of the excretory system to increase student learning interest. Inovasi Kurikulum, 22(3), 1757-1770.
Sari, D. A., Yusnita, Y., & Ermayanti. E., (2023). Pengaruh model problem based learning berbasis pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem reproduksi manusia. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya, 10(2), 63-70.
Sari, S. A. (2025). Efforts to improve students' learning outcomes through the TGT (Teams Games Tournament) type cooperative learning model in Islamic education learning at Private Elementary School 101820 Bina Karya. Etnopedagogi: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2(1), 257-269.
Sari, S. N., Handayani, A. D., & Mujiono, M. (2025). Implementasi model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar Matematika. Manajerial: Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 5(1), 132-139.
Septiarani, T., & Rif’iyati, D. (2025). Puzzle dalam meningkatkan kolaborasi peserta didik melalui pembelajaran kooperatif (TGT) pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam media. Artik: Artikel Karya Mahasiswa Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, 1(1), 78-85.
Septiyani, D., & Yulianto, S. (2025). Media puzzle berbasis augmented reality terhadap hasil belajar IPAS siswa sekolah dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 9(1), 207-219.
Unafisah, T., & Febrianti, N. (2025). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas II. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(03), 343-359.
Widodo, A., Pristiani, Y. D., Iswantiningtyas, V., & Karisma, D. Y. (2024). Unveiling the value of Pancasila learning in early childhood: The garuda bird puzzle game approach. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 9(4), 721-732.
Wulandari, T. A., & Rosdiana, L. (2024). Improving students' social skills through cooperative learning: The effectiveness of the Teams Games Tournament (TGT) model. Science Education and Application Journal, 6(2), 116-125.
Yosefia, R., Moses, K. T., & Arini, R. D. (2025). Penerapan model pembelajaran inkuiri pada materi sistem ekskresi pada manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 11 Kota Kupang. Haumeni Journal of Education, 5(1), 27-37.
Yuwanita, I., Dewi, H. I., & Wicaksono, D. (2020). Pengaruh metode pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar IPA. Instruksional, 1(2), 152-158.
Zeng, J., Parks, S., & Shang, J. (2020). To learn scientifically, effectively, and enjoyably: A review of educational games. Human Behavior and Emerging Technologies, 2(2), 186-195.
Zulfira, V., Anggereini, E., & Sadikin, A. (2019). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar Biologi pada materi keanekaragaman hayati di SMA Negeri 1 Batang Hari. Biodik, 5(3), 273-285.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Khairi Azkia Fazra Br. Berutu, Efrida Pima Sari Tambunan (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.