Developing a character-education-based interactive video for enhancing students’ conceptual understanding in Biology
DOI:
https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.171Keywords:
Canva, character education, digestive system, interactive video, instructional mediaAbstract
Students’ low conceptual understanding of Biology learning is often attributed to the dominance of conventional methods that are monotonous and less engaging, resulting in low motivation. This study aimed to develop a character-education-based interactive video on the human digestive system for eleventh-grade high school students using Canva. The research employed a Research and Development (RnD) approach with the ADDIE model, comprising Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate stages. The product was tested on 30 students from a Madrasah Aliyah Negeri (MAN) in Medan. Instruments included expert validation sheets for content and media, teacher and student response questionnaires, and conceptual understanding tests. Data were analyzed using descriptive quantitative methods through validity, practicality, and effectiveness tests with the N-Gain calculation. The results indicated that the developed media was highly valid based on expert assessment, highly practical according to teacher and student responses, and effective in improving conceptual understanding with a high N-Gain category. The implication of this study is that character-education-based interactive video has the potential to be applied in Biology learning to reinforce positive character values among students.
Abstrak
Rendahnya pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran Biologi sering disebabkan oleh penggunaan metode konvensional yang monoton dan kurang bervariasi sehingga membuat peserta didik kurang termotivasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video interaktif berbasis pendidikan karakter pada materi Sistem Pencernaan manusia untuk peserta didik kelas XI SMA dengan memanfaatkan aplikasi Canva. Penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (RnD) dengan model ADDIE yang mencakup tahap Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Uji coba dilakukan pada 30 peserta didik di salah satu Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Medan. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi ahli materi dan media, angket respons guru dan peserta didik, serta tes pemahaman konsep. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif melalui uji kevalidan, kepraktisan, dan efektivitas menggunakan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sangat valid berdasarkan penilaian ahli, sangat praktis berdasarkan respons guru dan peserta didik, serta efektif meningkatkan pemahaman konsep dengan kategori N-Gain tinggi. Implikasi dari penelitian ini adalah video interaktif berbasis pendidikan karakter berpotensi digunakan dalam pembelajaran Biologi untuk mendukung penguatan nilai-nilai karakter positif pada peserta didik.
Kata Kunci: Canva; media pembelajaran; pendidikan karakter; sistem pencernaan; video interaktif
References
Ahyana, N., & Syahri, A. A. (2021). Analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi menurut teori Anderson dan Krathwohl. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 1(1), 41-52.
Aisyiyah, A. T. P., & Amrizal, A. (2020). Penerapan pendekatan saintifik (scientific approach) dalam pembelajaran Biologi SMA. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(4), 215-223.
Anggriani, S. P., Jufri, A. W., Syukur, A., & Setiadi, D. (2022). Pengembangan materi ajar berbasis video kreatif Biologi pada materi sistem ekskresi untuk siswa kelas XI SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 123-129.
Anjarwati, A., Festawanti, E. D., Wulandari, Y., Rahmadhini, F., & Muthmainnah, M. (2022). Pemahaman tentang sistem pencernaan manusia dan hewan siswa SDN Sukabumi 6 Probolinggo. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 1(3), 250-251.
Ardiyanti, S., & Khairiah, D. (2021). Hakikat pendidikan karakter dalam meningkatkan kualitas diri pada anak usia dini. Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 1(2), 167-180.
Azizah, N., & Alberida, H. (2021). Seperti apa permasalahan pembelajaran Biologi pada siswa SMA. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), 388-395.
Desai, T. S., & Kulkarni, D. C. (2022). Assessment of interactive video to enhance learning experience: A case study. Journal of Engineering Education Transformations, 35(1), 74-80.
Dewi, A. C., Az-Zahra, P. F., Ilmi, N., Putri, D., & Sari, P. D. (2023). Challenges and opportunities for character education in the digital era. International Journal of Sustainability in Research, 1(4), 1-15.
Fajriah, N. D., Mulyadi, D., & Hadiapurwa, A. (2021). An effective learning model when SBTJJ is implemented in a pandemic period for junior high school students. Mimbar Pendidikan, 6(1), 24-37.
Handayani, Z. L., Hadiapurwa, A., Azzahra, D. H., & Nugraha, H. (2021). Pembaharuan strategi dan metode pembelajaran pada mata pelajaran Sejarah SMA di era pandemi COVID-19. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(4), 329-426.
Hasibuan, A. R. H., & Anas, N. (2025). Development of Dorama card learning to improve critical thinking skills. Curricula: Journal of Curriculum Development, 4(1), 315-328.
Ifadah, N., & Bektiningsih, K. (2025). Pengembangan media pembelajaran interaktif Capera berbasis Canva pada materi sistem pencernaan manusia kelas V. Fondatia, 9(2), 275-288.
Ikhtiara, T., Jaya, A., Zahratina, H. R., Madalena, D. K., Putri, N., & Suryanda, A. (2022). Analisis implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Biologi di sekolah urban. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 3(3), 216-224.
Iksal, I., Hayani, R. A., & Aslan, A. (2024). Strengthening character education as a response to the challenges of the times. Indonesian Journal of Education (INJOE), 4(3), 761-774.
Jafar, A. F. (2021). Penerapan metode pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar Fisika peserta didik. Al Asma : Journal of Islamic Education, 3(2), 190-199.
Karlina, G., & Alberida, H. (2021). Argumentation skills on Biology learning. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 1-7.
Khairini, R., & Yogica, R. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbentuk Android Packaging Kit (APK) pada materi virus. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 406-413.
Kurniawan, G. F. (2020). Problematika pembelajaran sejarah dengan sistem daring. Diakronika, 20(2), 76-87.
Melisa, M., & Susanti, A. I. (2025). Digitalizing midwifery education: Trends, tools, and transformation. Curricula: Journal of Curriculum Development, 4(1), 633-648.
Nur, F., Novitasari, W., & Rahman, N. R. (2024). Pengembangan media video pembelajaran interaktif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jurnal Belaindika (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan), 6(2), 95-106.
Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan hasil belajar Biologi melalui e-modul berbasis problem based learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17-32.
Priliyanti, A., Muderawan, I. W., & Maryam, S. (2021). Analisis kesulitan belajar siswa dalam mempelajari Kimia kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(1), 11-18.
Rahmawati, A., & Nurafni, N. (2024). Pengembangan media interaktif berbasis Canva pada materi pecahan dalam meningkatkan numerasi matematika di SD. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1842-1849.
Rais, R., & Zulfa, I. (2024). The influence of the Canva application in improving primary school student achievement in West Sumatra. Journal of Social Science Utilizing Technology, 2(1), 140-152.
Saputra, I., Sabri, I., Suryandoko, W., Sekti, R. P., Trisakti, T., & Handayaningrum, W. (2025). Development of interactive media for traditional music learning to foster students' critical reflection. Curricula: Journal of Curriculum Development, 4(1), 877-892.
Sari, L. N., & Bintang, P. (2022). Konsep sistem pencernaan pada manusia berdasarkan Al-Quran dan hadits. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 3(3), 248-255.
Suseno, P. U., Ismail, Y., & Ismail, S. (2020). Pengembangan media pembelajaran Matematika video interaktif berbasis multimedia. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), 59-74.
Syahputra, A., Junaidi, J., Sukmawati, E., Deprizon, D., & Syafitri, R. (2023). Dampak buruk era teknologi informasi dan komunikasi pada remaja usia sekolah (dalam perspektif pendidikan Islam). Journal of Education Research, 4(3), 1265-1271.
Wedyawati, N., Febriani, V., & Warkintin, W. (2024). Pengembangan media pembelajaran video interaktif berbasis budaya lokal untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPAS materi energi dalam kehidupan sehari-hari siswa kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 10(2), 975-985.
Yuliana, D., Baijuri, A., Suparto, A. A., Seituni, S., & Syukria, S. (2023). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media video pembelajaran kreatif, inovatif, dan kolaboratif. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 6(2), 247-257.
Zai, Y. P., Lase, A., Lahagu, A., & Harefa, Y. (2024). Pengembangan video pembelajaran interaktif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), 5(2), 407-417.
Zulfa, F. N., & Prastowo, A. (2023). Pemanfaatan video interaktif dalam menumbuhkan keaktifan siswa pada pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(5), 1833-1841.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurin Afrina, Miza Nina Adlini (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.