Development of storytelling media to increase Civic education interest in elementary students

Authors

  • Maulidya Hasanah Damanik Universitas Negeri Medan Author
  • Reh Bungana Br Perangin-angin Universitas Negeri Medan Author
  • Yakobus Ndona Universitas Negeri Medan Author
  • Sri Yunita Universitas Negeri Medan Author

DOI:

https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.50

Keywords:

digital media, interactive storytelling, learning interest, Pancasila education

Abstract

Students' interest in learning about Pancasila Education remains low due to the abstract nature of the materials and a lack of engaging, contextual media. Meanwhile, the analysis revealed that students require learning tools that foster active engagement, relate to real-life experiences, and support concrete understanding of values. The Merdeka Curriculum encourages learning through narratives and experiential activities. This study aimed to develop a valid, practical, and effective digital interactive storytelling-based media to enhance the learning interest of fourth-grade students at SD Negeri 050690 Sawit Seberang. The research employed the Research and Development method, utilizing the ADDIE model, which consists of five stages: analysis, design, development, implementation, and evaluation. The product was created using Canva and validated by experts in content, media, and language. The results indicated a validity score of 93% and a practicality score of 92%. Learning outcomes showed an average posttest improvement of 27 points compared to the pretest. The media connects Pancasila values to meaningful stories and visual narratives, thereby supporting both emotional and cognitive engagement. The primary contribution of this study lies in providing adaptive and curriculum-relevant learning media that support character education and student motivation in elementary schools.

 

Abstrak

Minat belajar peserta didik terhadap Pendidikan Pancasila masih tergolong rendah karena penyajian materi yang bersifat abstrak, tidak kontekstual, dan belum didukung oleh media yang interaktif. Sedangkan hasil analisis menunjukkan bahwa peserta didik membutuhkan media pembelajaran yang memfasilitasi keterlibatan aktif, pemahaman nilai secara konkret, serta relevansi dengan kehidupan sehari-hari. Kurikulum Merdeka pun mendorong pembelajaran berbasis narasi dan pengalaman personal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media digital interaktif berbasis storytelling yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 050690 Sawit Seberang. Penelitian menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE yang mencakup lima tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Produk dikembangkan melalui Canva, divalidasi oleh ahli materi, media, dan bahasa. Hasil validasi menunjukkan kelayakan media sebesar 93% dan kepraktisan sebesar 92%. Penggunaan media dalam pembelajaran menghasilkan peningkatan skor posttest rata-rata sebesar 27 poin dari pretest awal. Media ini menghubungkan materi nilai-nilai Pancasila dengan alur cerita yang bermakna dan visualisasi menarik sehingga mendorong keterlibatan peserta didik secara emosional dan kognitif. Penelitian ini menghasilkan kontribusi konkret berupa media pembelajaran yang adaptif terhadap karakteristik peserta didik dan relevan dengan kebutuhan kurikulum, sehingga mampu memperkuat pembelajaran karakter di sekolah dasar.

Kata Kunci: media digital; minat belajar; pendidikan Pancasila; storytelling interaktif

References

Adam, A. (2023). Pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap minat belajar siswa sekolah dasar. Journal of Contemporary Issue in Elementary Education, 1(1), 29-37.

Altuğ, A., & Kırmızı, F. (2024). The effect of digital storytelling activities on prospective teachers’ attitudes towards digital writing. Sınırsız Eğitim ve Araştırma Dergisi, 9(3), 362-421.

Alvendri, D., & Effendi, H. (2024). Perancangan media pembelajaran interaktif konsep digital story telling berbasis android menggunakan aplikasi Unity. Javit: Jurnal Vokasi Informatika, 4(1), 43-52.

Amelia, D. (2021). Upaya peningkatan kosakata bahasa Inggris melalui storytelling slide and sound. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 2(1), 22-26.

Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum merdeka: pemaknaan merdeka dalam perencanaan pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399-407.

Ardiaulya, V., Munjiatun, & Noviana, E. (2025). Analisis minat belajar siswa terhadap pembelajaran pendidikan kewarganegaraan pada kelas V sekolah dasar. Indonesian Research Journal on Education, 5(3), 1-6.

Ardiawan, I. K. N. (2024). Pengembangan komik audio visual pendidikan Pancasila berorientasi kearifan lokal. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(4), 181-194.

Aryati, S., Utami, N. C. M., & Yarmi, G. (2024). Pemanfaatan digital storytelling dalam meningkatkan keterampilan menulis di sekolah dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 1141-1148.

Asy’arie, A., Amir, A., & Suharman, A. (2025). Analisis pemanfaatan media audio-visual dan dampaknya terhadap minat belajar siswa di SDN 110 Lura. Journal Scientific of Mandalika (JSM), 6(3), 517-524.

Atmaja, T. S. (2024). Internalisasi nilai-nilai kearifan lokal dalam pembelajaran pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(1), 171-179.

Babullah, R. (2022). Teori perkembangan kognitif jean piaget dan penerapannya dalam pembelajaran. Epistemic: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 131-152.

Çetin, E. (2021). Digital storytelling in teacher education and its effect on the digital literacy of pre-service teachers. Thinking Skills and Creativity, 39(1), 1-25.

Chen, S., Sermeno, R., Hodge, K., Murphy, S., Agenbroad, A., Schweitzer, A., Tsao, L. L., & Roe, A. J. (2024). Young children’s self-regulated learning benefited from a metacognition-driven science education intervention for early childhood teachers. Education Sciences, 14(6), 565-588.

Dewi, P. D., Aeni, A. N., & Nugraha, R. G. (2023). Development of website-based learning media on the practice of Pancasila on student learning motivation. Jurnal Cakrawala Pendas, 9(2), 250-261.

Fadhillah, I., & Dini, K. (2021). Digital storytelling sebagai strategi baru meningkatkan minat literasi generasi muda. JES: Journal of Education Science, 7(2), 83-98.

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian media, tujuan, fungsi, manfaat dan urgensi media pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1-17.

Fitriyah, S. N., Suciptaningsih, O. A., & Mashfufah, A. (2024). Pengembangan bahan ajar IPAS berbasis kearifan lokal berbantuan aplikasi Heyzine pada muatan cerita tentang daerahku. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5230-5236.

Fitriyaningrum, D., & Alriningrum, S. (2023). Pengaruh media youtube digital storytelling terhadap literasi sejarah peserta didik SMA Negeri 1 Taman. Avatara, 12(2), 1-12.

Fu, J. S., Yang, S.-H., & Yeh, H.-C. (2022). Exploring the impacts of digital storytelling on English as a foreign language learners’ speaking competence. Journal of Research on Technology in Education, 54(5), 679-694.

Genisa, T., Husna, V. A., Adrias, A., & Syam, S. S. (2025). Pemanfaatan teknologi digital dalam meningkatkan minat belajar PPKn siswa di sekolah dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(2), 218-227.

Ginting, D. A., Sudarma, I. K., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2021). Multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual pada pembelajaran tematik untuk siswa kelas III sekolah dasar. Indonesian Journal of Instruction, 2(3), 133-143.

Handayani, Z. L., Hadiapurwa, A., Azzahra, D. H., & Nugraha, H. (2021). Pembaharuan strategi dan metode pembelajaran pada mata pelajaran Sejarah SMA di era pandemi COVID-19. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(4), 329-426.

Hanum, L., Lassari, R. P., Rahma, S. A., Sutiasih, S., Zaitun, & Marini, A. (2023). Upaya melestarikan kebudayaan Indonesia berbasis digital storytelling di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(12), 1165-1672.

Hidayanto, N. E. (2025). Internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan anak usia dini: Sebuah tinjauan sistematis. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 8(2), 489-496.

Ilomäki, L., Lakkala, M., Kallunki, V., Mundy, D., Romero, M., Romeu, T., & Gouseti, A. (2023). Critical digital literacies at school level: A systematic review. Review of Education, 11(3), 1-28.

Indriyani, N., Erita, Y., Undari, M., & Miranda. (2023). Peningkatan hasil belajar PPKn melalui model problem based learning berbasis kurikulum merdeka di sekolah dasar. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 10(2), 393-400.

Kandemir, M., & Bay, Y. (2023). The effect of using digital stories in primary school languagelessons on 4th-grade students’ reading comprehension skills. Anadolu Journal of Educational Sciences International, 13(2), 339-358.

Kritsotaki, K., Castro-Kemp, S., & Kamenopoulou, L. (2025). Digital storytelling: An educational approach for enhancing dyslexic children’s writing skills, critical and cultural learning. Journal of Research in Special Educational Needs, 25(2), 289-311.

Lestari, M. R. D. W., & Pertiwi, P. P. (2025). Peningkatan keterampilan menyimak dengan media digital storytelling pada siswa sekolah dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 2133-2141.

Mariyana, W., Winatha, I. K., Rahmawati, F., & Rizal, Y. (2023). Pengaruh minat belajar, perhatian orang tua, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa. Journal of Social Education, 4(1), 22-28.

Mesra, P., Kuntarto, E., & Chan, F. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa di masa pandemi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(3), 177-183.

Minggi, N., Pratiwi, I. A., & Bakhrudin, A. (2023). Faktor-faktor yang mempengaruhi kedisiplinan belajar siswa kelas V SDN 1 Pemelengkerep pada mata pelajaran PPKn. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(4), 316-326.

Naa’ifah, B. J., & Suprijono, A. (2024). Pengaruh pembelajaran transformatif dengan pendekatan kontekstual dan model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Trenggalek. Avatara, 15(3), 1-14.

Nair, V., & Yunus, M. M. (2021). A systematic review of digital storytelling in improving speaking skills. Sustainability, 13(17), 1-15.

Najla, A. P., Izzati, N. V., Oktaviani, D., & Marini, A. (2022). Digital storytelling untuk meningkatkan karakter siswa SD pada kurikulum “Merdeka Belajar”. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(2), 413-424.

Ngongo, K. P., & Kerans, G. (2023). Pengembangan pendidikan anti-korupsi sebagai pendidikan karakter bagi siswa sekolah dasar melalui lesson study dengan metode storytelling. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 102-114.

Nicoli, N., Henriksen, K., Komodromos, M., & Tsagalas, D. (2022). Investigating digital storytelling for the creation of positively engaging digital content. EuroMed Journal of Business, 17(2), 157-173.

Noerdiansyah, I., Sudiana, I. N., & Sariyasa, S. (2023). Meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PPKn kelas V melalui buku saku digital. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 59-70.

Noverdika, Y. (2021). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif model tutorial dalam pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 17 Padang. Jurnal Literasiologi, 5(1), 105-122.

Oviliani, T. M., & Susanto, R. (2023). The effect of wordwall educational game-based learning media on interest in learning natural sciences. Education and Social Sciences Review, 4(1), 27-33.

Pernantah, P. S., Rizka, M., Handrianto, C., & Syaputra, E. (2022). Inovasi bahan ajar pendidikan IPS berbasis digital flipbook terintegrasi local wisdom dalam menunjang perkuliahan jarak jauh. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 8(2), 136-145.

Prabandari, L., Fuadi, D., Sumardi, S., Minsih, M., & Prastiwi, Y. (2022). Analisis kebutuhan pengembangan LKPD IPA berbasis eksperimen sains untuk meningkatkan minat belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(4), 694-704.

Pratiwi, N. W. C., Margunayasa, I. G., & Lasmawan, I. W. (2024). Media pembelajaran augmented reality berbasis profil pelajar pancasila untuk meningkatkan minat belajar IPA kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 7(1), 110-122.

Purwaningsih, W., & Wangid, M. N. (2021). Improving students’ critical thinking skills using Time Bar Media in Mathemathics learning in the third grade primary school. Jurnal Prima Edukasia, 9(2), 248-260.

Puspitasari, H. R., Widiarti, N., & Subali, B. (2025). Digital storytelling for enjoyable and effective learning in the technological era (2020-2025). Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 14(2), 161-173.

Restu, N. K., Sutini, A., & Dewi, D. A. (2023). Pengaruh media wordwall sebagai instrumen penilaian PPKn SD terhadap kemampuan literasi digital dan kreatifitas guru dalam mengajar. Collase (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(1), 94-101.

Rusiyono, R., & Apriani, A.-N. (2020). Pengaruh metode storytelling terhadap penanaman karakter nasionalisme pada siswa SD. Literasi (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 11-19.

Safitri, D. I., Sumiharsono, R., & Prastyo, D. (2025). Pengaruh media pembelajaran digital storytelling terhadap minat baca siswa kelas II SDN Sumur Welut III/440 Surabaya. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 424-435.

Salsabila, A. T., Astuti, D. Y., Hafidah, R., Nurjanah, N. E., & Jumiatmoko, J. (2021). Pengaruh storytelling dalam meningkatkan kemampuan empati anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 164-171.

Samiyah, S. S., & Anggraeni, C. A. (2021). Peningkatan sikap toleransi melalui kombinasi model direct instruction, metode bercerita dengan cerita rakyat di TK B. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(2), 52-60.

Setiawan, M. A., Sriadhi, S., & Silaban, S. (2024). Enhancing critical thinking skill by implementing electronic student worksheets based on guided inquiry in natural science subject for elementary school. Jurnal Pendidikan Kimia, 16(3), 225-229.

Shofarani, I. A., & Hidayat, S. (2021). Nilai-nilai Pancasila dalam film animasi “Serial D.O.A” pada pembelajaran PKn di sekolah dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(4), 927-945.

Sönmez, E. E., & Dadandı, P. U. (2023). Does digital storytelling have an effect on writing outcomes?. Malaysian Online Journal of Educational Technology, 11(2), 147-157.

Sulistiyani, P. S., Huliatunisa, Y., & Magdalena, I. (2023). Peran guru dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas III di SDN Keboncau IV kecamatan Teluknaga kabupaten Tangerang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 1778-1790.

Tiningrum, A., Suciptaningsih, O. A., & Pristiani, R. (2025). Microsite s.id sebagai media inovatif dalam pengembangan bahan ajar pendidikan Pancasila dengan model ADDIE. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(5), 5081-5087.

Verawati, U. J., Alifa, Y. D. N., Millah, Z., & Nissa, Z. K. (2023). Implementasi pembelajaran e-learning sebagai transformasi pendidikan di era digital. Social Science Academic, 1(2), 221-228.

Yang, Y. T. C., Chen, Y. C., & Hung, H. T. (2022). Digital storytelling as an interdisciplinary project to improve students’ English speaking and creative thinking. Computer Assisted Language Learning, 35(4), 840-862.

Yulianti, D., Nuraini, N. L. S., & Ningsih, W. N. (2025). Optimalisasi media DIAKULTURA untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan Pancasila siswa kelas IV SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 5(7), 4-12.

Zalukhu, M. N. P., Astawan, I. G., & Wirabrata, D. G. F. (2023). Pengaruh storytelling bermuatan nilai nilai Pancasila terhadap kemampuan berperilaku sosial anak usia dini kelompok usia 4-5 tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 11(1), 165-172.

Zulaiha, E., Sari, D. N., Rahmat, M., Azzahra, D., & Lestari, D. (2024). Analisis tantangan meningkatkan minat belajar di sekolah dasar. Journal of Education Research, 5(1), 635-642.

Published

29-08-2025

How to Cite

Damanik, M. H., Perangin-angin, R. B. B., Ndona, Y., & Yunita, S. (2025). Development of storytelling media to increase Civic education interest in elementary students. Inovasi Kurikulum, 22(3), 1503-1518. https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.50

Similar Articles

21-30 of 62

You may also start an advanced similarity search for this article.