Development of video learning media based on history to improve social studies achievement

Authors

  • Azri Isnaini Tanjung Universitas Negeri Medan Author
  • Ichwan Azhari Universitas Negeri Medan Author
  • R Mursid Universitas Negeri Medan Author

DOI:

https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.67

Keywords:

learning outcomes, learning video, local history, social studies

Abstract

The limited availability of interactive media that integrates local historical content has been one of the main obstacles in achieving optimal learning outcomes in Social Studies (IPS) at the elementary school level. This research aims to develop a local-history-based instructional video to improve the cognitive achievement of fourth-grade students in Social Studies. The research employs a Research and Development (RnD) approach, utilizing a modified ADDIE model that consists of three stages: analysis, design, and development. Experts in instructional assessment, subject content, media, language, and educational practitioners validated the media. The evaluation process included both formative and summative evaluations. Formative evaluation was conducted through expert validation and small-group trials, while the summative evaluation focused on field testing involving 23 students. Data were collected through observation, interviews, questionnaires, and cognitive tests. The results showed that the developed video media was categorized as highly valid and practical. Based on N-Gain and t-test analysis, there was a significant improvement in students’ cognitive learning outcomes. This indicates that instructional video media based on local history is effective in enhancing learning achievement and student engagement in Social Studies. Further research is recommended to explore its impact on affective and psychomotor domains.

 

Abstrak

Keterbatasan ketersediaan media interaktif yang mengintegrasikan konten sejarah lokal menjadi salah satu kendala utama dalam pencapaian hasil belajar yang optimal pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di jenjang sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran berbasis sejarah lokal guna meningkatkan capaian hasil belajar kognitif peserta didik kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model ADDIE yang dimodifikasi menjadi tiga tahap, yaitu analisis, desain, dan pengembangan. Evaluasi dilakukan dalam dua bentuk, yaitu evaluasi formatif dan sumatif. Evaluasi formatif dilaksanakan melalui validasi oleh ahli instrumen penilaian, ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan praktisi pendidikan, serta uji coba terbatas. Evaluasi sumatif dilakukan melalui uji lapangan terhadap 23 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat valid dan praktis. Analisis data menggunakan N-Gain dan uji t menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar kognitif peserta didik. Temuan ini membuktikan bahwa media video pembelajaran berbasis sejarah lokal efektif dalam meningkatkan pencapaian hasil belajar serta keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran IPS. Penelitian lanjutan disarankan untuk mengkaji pengaruh media terhadap ranah afektif dan psikomotorik.

Kata Kunci: hasil belajar; IPS; sejarah lokal; video pembelajaran

References

Adam, A. (2023). Pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap minat belajar siswa sekolah dasar. Journal of Contemporary Issue in Elementary Education, 1(1), 29-37.

Agusta, R. M., Syamsiah, S. N., Rahmawati, I., & Dewi, R. S. (2025). Analisis tantangan pembelajaran IPS dalam konsep tata ruang dan sistem sosial. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 5(2), 1656-1667.

Ahmad, A., Saputra, E. E., & Suziman, A. (2025). Integrasi pendekatan teori belajar konstruktivisme melalui model project-based learning pada pembelajaran IPS di sekolah dasar. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 5(1), 469-475.

Alfitriani, N., Maula, W. A., & Hadiapurwa, A. (2021). Penggunaan media augmented reality dalam pembelajaran mengenal bentuk rupa bumi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 38(1), 30-38.

Amalia, N. (2024). Penerapan kurikulum pendidikan sejarah di sekolah menengah atas. Karimah Tauhid, 3(11), 12620-12632.

Ardiansyah, A., Al Anshori, T., Zakaria, Z., & Cahyanto, B. (2022). Principles of online learning assessment: A literature review between Western education theory and Islamic education theory. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 19(1), 13-28.

Artia, H., Titin, T., & Tenriawaru, A. B. (2025). Feasibility of Biology magazine sub-material of inheritance of traits as learning media. Journal of Biological Education Indonesia (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 11(1), 351-359.

Aulia, N. D., Pratiwi, A., Nuri, A. Y., Rahmah, R., Nasution, A. M., & Yusnaldi, E. (2024). Integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran IPS di SD untuk membentuk karakter cinta budaya. Education Achievement: Journal of Science and Research, 6(1), 29-39.

Aura, F., Enrica, C., Nugraheni, S. I. L., Damayanti, K., Fitrianti, N., & Putra, G. M. C. (2025). Efektivitas media pembelajaran video interaktif terhadap minat belajar bahasa Jawa siswa kelas V SD Pancasila. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(1), 238-243.

Bhaskara, P. E. I. (2024). Analisis materi sejarah berbasis kearifan lokal pada mata pelajaran IPS. Nirwasita: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Ilmu Sosial, 5(2), 151-156.

Duha, Y. (2024). Penerapan model pembelajaran self directed learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pembelajaran pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan. Faguru: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 3(1), 75-89.

Engerman, J. A., & Otto, R. F. (2021). The shift to digital: designing for learning from a culturally relevant interactive media perspective. Educational Technology Research and Development, 69(1), 301-305.

Fatmawati, I. (2025). Transformasi pembelajaran sejarah dengan deep learning berbasis digital untuk gen z. Revorma: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 5(1), 25-39.

Fitriyah, S. N., Suciptaningsih, O. A., & Mashfufah, A. (2024). Pengembangan bahan ajar IPAS berbasis kearifan lokal berbantuan aplikasi heyzine pada muatan cerita tentang daerahku. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5230-5236.

Hamsina, H., & Azis, F. H. (2024). Reformulasi pendidikan Madrasah Aliyah Muhammadiyah Enrekang berbasis kearifan lokal dalam menghadapi arus globalisasi: Tinjauan filosofis-pedagogis. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(4), 171-184.

Haris, A., Aulya, A., Abdussahid, A., & Wulandari, A. (2024). Pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran IPS dalam mendorong kreativitas siswa SDN 21 Tolomundu Kota Bima. El-Muhbib Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 8(1), 148-156.

Kartika, W. I., Suhartono, S., & Rokhmaniyah, R. (2021). Hubungan antara lingkungan keluarga dan hasil belajar IPS siswa di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1318-1325.

Kuswono, K., Sumiyatun, S., & Setiawati, E. (2021). Pemanfaatan kajian sejarah lokal dalam pembelajaran sejarah di Indonesia. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro, 6(2), 206-209.

Kuwoto, M. A., & Saputra, E. (2024). Memotret pendidikan multikultural dalam pembelajaran sejarah lokal upaya membangkitkan semangat nasionalisme. Jurnal Artefak, 11(1), 1-14.

Lestari, M. I. (2024). Hambatan dan tantangan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di sekolah dasar. Elementary School Teacher, 7(2), 48-58.

Marliani, L. P. (2021). Pengembangan video pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Paedagogy: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, 1(2), 125-133.

Meylovia, D., & Julianto, A. (2023). Inovasi pembelajaran IPAS pada kurikulum merdeka belajar di SDN 25 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 4(1), 84-91.

Milanti, A. A., Lasambouw, C. M., & Maulana, M. Y. (2023). Validasi e-modul berbasis mobile learning dalam pembelajaran inovatif pendidikan kewarganegaraan. Journal of Education Research, 4(4), 1543-1552.

Nafi’ah, U., Sapto, A., Sayono, J., & Herdiani, A. (2022). Peningkatan kapasitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis augmented reality untuk menyelaraskan pembelajaran sejarah dengan kebutuhan masa kini. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 5(1), 49-56.

Noetel, M., Griffith, S., Delaney, O., Sanders, T., Parker, P., del Pozo Cruz, B., & Lonsdale, C. (2021). Video improves learning in higher education: A systematic review. Review of Educational Research, 91(2), 204-236.

Nugrahaeni, N., Riyanto, Y., & Hendratno. (2023). Pengembangan media video animasi pop up book berbasis budaya lokal Papua Barat untuk meningkatkan pengetahuan umum literasi budaya siswa kelas IV sekolah dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 306-320.

Oktaviani, A. M., Marini, A., & Zulela MS, Z. M. (2023). Pengaruh penerapan kurikulum merdeka tehadap hasil belajar IPS ditinjau dari perbandingan kurikulum 2013. Jurnal Educatio FKIP Unma, 9(1), 341-346.

Oktavilyana, S., Rahmawati, Hati, L. P., & Utami, L. D. C. (2023). Peranan legenda Putri Hijau di desa Sebaraya kecamaran Tiga Panah Kabupaten Karo dalam penulisan sejarah lokal. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(9), 1315-1322.

Perkasa, R. A. E., & Wantoro, J. (2024). Game edukasi interaktif sejarah kerajaan Hindu-Buddha menggunakan platform scratch. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 8(1), 36-45.

Pradila, M. P., & Kristin, F. (2023). Model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan konsentrasi dan hasil belajar IPS siswa sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP Unma, 9(4), 1947-1953.

Purmintasari, Y. D. (2025). Revitalisasi nilai-nilai kebangsaan dan nasionalisme pada generasi muda untuk menyongsong generasi emas 2045 (studi kasus mahasiswa pendidikan sejarah universitas PGRI Pontianak). Jurnal Sangkala, 4(1), 21-30.

Putri, J. A. Y., & Abimanyu, A. (2024). Pentingnya evaluasi hasil belajar di SMP. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 15(2), 422-432.

Rahman, A., & Jamper, I. N. (2020). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 32-45.

Rahmawati, I. S., Sutrisna, D., & Nisya, R. K. (2023). Nilai-nilai kearifan lokal dan pendidikan karakter dalam cerita rakyat Lutung Kasarung. Jurnal Educatio FKIP Unma, 9(2), 1147-1157.

Published

29-08-2025

How to Cite

Tanjung, A. I., Azhari, I., & Mursid, R. (2025). Development of video learning media based on history to improve social studies achievement. Inovasi Kurikulum, 22(3), 1431-1446. https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.67

Similar Articles

31-40 of 60

You may also start an advanced similarity search for this article.