Effect of making a match model, flashcard media, and motivation on learning outcomes

Authors

  • Rachyana Fahira Universitas Negeri Medan Author
  • Daulat Saragi Universitas Negeri Medan Author
  • Rosmala Dewi Universitas Negeri Medan Author

DOI:

https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.90

Keywords:

flashcard media, learning motivation, learning outcomes, make a match

Abstract

The implementation of Pancasila Education learning in elementary schools faces various challenges. This research was motivated by the low learning outcomes of students in Pancasila Education subjects, caused by a lack of learning motivation and a limited variety of teaching models. This study aimed to determine the effect of the cooperative learning model type Make A Match assisted by flashcard media on students' learning outcomes in cognitive, affective, and psychomotor domains, as well as the interaction with learning motivation. This study employed a quasi-experimental method with a 2×2 factorial design. The research subjects consisted of 42 fifth-grade students divided into experimental and control groups. Data were collected through tests and questionnaires, and analyzed using two-way ANOVA with the help of SPSS. The findings indicated that the Make A Match model, assisted by flashcard media, had a significant impact on improving students’ learning outcomes. Additionally, students with high learning motivation achieved better performance, and there was a significant interaction between the learning model and learning motivation on student outcomes. The Make A Match model with flashcards proved to be effective in fostering active and interactive learning, making it a suitable strategy for Pancasila Education.

 

Abstrak

Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Pancasila di sekolah dasar menghadapi berbagai tantangan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila yang disebabkan oleh kurangnya motivasi belajar dan kurang variatifnya model pembelajaran yang diterapkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media flashcard terhadap hasil belajar peserta didik ditinjau dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik serta interaksinya dengan motivasi belajar. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan desain faktorial 2×2. Subjek penelitian terdiri dari 42 peserta didik kelas V yang dibagi dalam dua kelompok, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket, sedangkan analisis data dilakukan dengan uji ANAVA dua jalur menggunakan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Make A Match berbantuan media flashcard berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Temuan lain menunjukkan bahwa peserta didik dengan motivasi belajar tinggi menunjukkan hasil belajar yang lebih baik, dan terdapat interaksi signifikan antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Model Make A Match berbantuan flashcard terbukti mampu menciptakan suasana belajar yang aktif dan interaktif, serta efektif diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila.

Kata Kunci: hasil belajar; media flashcard; motivasi belajar; make a match

References

Alvani, E., Muharam, A., & Fajrussalam, H. (2024). Penggunaan model make a match berbantuan media pembelajaran flashcard untuk mengatasi kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas 1 di sekolah dasar. Collase (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(4), 705-717.

Aprilia, A., & Dwandaru, W. (2025). Comparison of cooperative learning types in physics teaching: A short literature review. Revista Mexicana de Física E, 22(1), 1-9.

Aqna, Z. K., Pratiwi, I. A., & Rondli, W. S. (2024). Hubungan minat belajar menggunakan media PowerPoint interaktif dengan hasil belajar pendidikan Pancasila kelas IV SDN gugus R.A Kartini Kabupaten Pati. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(4), 323-338.

Ardiansyah, A., Zaennurain, K., Ifansah, B. T., Siltania, M. D., Azril, N. A., Cantika, B. A., Damar, R., & Zubair, M. (2024). Eksistensi budaya kesenian wayang kulit pada masyarakat Gunung Agung sebagai upaya mempertahankan nilai dalam Pancasila di desa Pringgarata, Lombok Tengah. Jurnal Pendidikan Ilmiah Transformatif, 8(2), 372-378.

Babullah, R. (2022). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan penerapannya dalam pembelajaran. Epistemic: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 131-152.

Budiyono, B., Nuswantari, N., & Aurell, Y. S. (2023). Peningkatan kemampuan literasi siswa sekolah dasar menggunakan media pembelajaran flashcard guna mempercepat penambahan kosakata di SD Sukosari kecamatan Kartoharjo Kota Madiun. Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 2377-2382.

Efriyenef, F., & Fitria, Y. (2021). Penerapan model ARCS untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. Mendidik: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 7(2), 151-156.

Elya, E., Yanti, R. A. E., & Ilah, I. (2024). Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan tipe make a match pada mata pelajaran Ekonomi. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 5(2), 280-289.

Filgona, J., Sakiyo, J., Gwany, D. M., & Okoronka, A. U. (2020). Motivation in learning. Asian Journal of Education and Social Studies, 10(4), 16-37.

Fitriani, H., Imanda, R., Rahmi, A., & Nurmalinda, S. (2021). The development of flashcard learning media based on make a match on colloid. International Journal for Educational and Vocational Studies, 3(5), 373-379.

Habsy, B. A., Fitriano, L., Sabrina, N. A., & Mustdika, A. L. (2023). Tinjauan literatur teori kognitif dan konstruktivisme dalam pembelajaran. Tsaqofah, 4(2), 751-769.

Hidayah, Y., & Saputro, J. D. (2024). Pengembangan model pembelajaran transformatif berbasis etika Pancasila untuk meningkatkan keterlibatan. Journal of Education and Culture, 4(3), 69-78.

Hidayati, R., Triyanto, M., Sulastri, A., & Husni, M. (2022). Faktor penyebab menurunnya motivasi belajar siswa kelas IV SDN 1 Peresak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1153-1160.

Irfan, F., & Savitri, E. N. (2022). The effect of the make a match model assisted with question answer card in the excretion system material on students’ motivation and cognitive learning outcomes. Unnes Science Education Journal, 11(1), 31-39.

Isma, N., Azizah, M., & Antoko, L. (2025). Analisis motivasi belajar siswa melalui pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan CRT. Jurnal Pena Edukasi, 12(1), 13-20.

Isnaeni, R., & Radia, E. H. (2021). Meta-analisis pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar IPS siswa di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 304-313.

Isya’i, A. H., & Bektiningsih, K. (2025). Pengembangan media pembelajaran flashcard berbasis augmented reality dalam meningkatkan kemampuan hasil belajar peserta didik pada materi Pancasila dalam diriku pada peserta didik kelas IV SD negeri Podorejo 03. Fondatia, 9(1), 118-138.

Juliani, A., Mustadi, A., & Lisnawati, I. (2021). “Make A Match Model” for improving the understanding of concepts and student learning results. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 3(1), 48-56.

Karmada, G. (2023). Model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar tematik melalui Google Meet pada siswa kelas II SD. Indonesian Journal of Instruction, 4(2), 76-84.

Khaira, H. S., Al Hafizh, M. F., Darmansyah, P. S. A., Nugraha, H., & Komara, D. A. (2023). Analysis of needs and teachers' perception towards business teaching materials at SMA Labschool UPI. Curricula: Journal of Curriculum Development, 2(2), 299-314.

Khotimah, H., & Mulyawati, I. (2023). Pengaruh model pembelajaran make a match terhadap representasi Matematika peserta didik kelas IV SDN Bidaracina 03 Pagi. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 299-306.

Kusumaningtyas, D. A., & Mirtasari, S. (2024). Enhancing elementary students’ learning interest in science with the “Make-a-Match” cooperative learning model. International Journal of Learning Reformation in Elementary Education, 3(2), 80-89.

Lin, Y. L., Wang, W. T., Kuo, C. C., & Chen, P. H. (2025). Motivational incentives in the context of online game-based formative assessment and improved student learning performance. Education and Information Technologies, 30(4), 4669-4694.

Liu, T., Oubibi, M., Zhou, Y., & Fute, A. (2023). Research on online teachers’ training based on the gamification design: A survey analysis of primary and secondary school teachers. Heliyon, 9(4), 1-18.

Maknun, M. L., Setiawardani, W., & Hadiansah, D. (2024). Penerapan model pembelajaran cooperative tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 1-12.

Maulana, A. R. (2025). Pengembangan media flashcard terintegrasi QR-code pada materi keberagaman budaya di Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDI Surya Buana. Ibtidaiyyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 49-57.

Murdaya, D., Mahfud, H., & Saputri, D. Y. (2021). Analisis tingkat motivasi belajar PPKN dalam pembelajaran daring materi hubungan simbol dengan makna sila Pancasila pada peserta didik kelas IV sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(1), 42-47.

Muryanto, D., & Anjarwani, R. (2025). Implementasi model make a match untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Eka Tjipta Mandang Seruyan. Jurnal Lensa Pendas, 10(1), 64-72.

Ngasmarani, C. L., Pramukti, H. S., Matsuri, M., & Mumpuni, A. D. (2024). Pemanfaatan media interaktif berbasis web 4.0 (Baamboozle) untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas V SDN Gebang 224 kota Surakarta. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 7(4), 873-877.

Niño, J. R. G., Delgado, L. P. Á., Chiappe, A., & González, E. O. (2024). Gamifying learning with AI: A PATHWAY to 21st-century skills. Journal of Research in Childhood Education, 1(1), 1-16.

Noor, U., Younas, M., Saleh Aldayel, H., Menhas, R., & Qingyu, X. (2022). Learning behavior, digital platforms for learning and its impact on university student’s motivations and knowledge development. Frontiers in Psychology, 13(1), 1-12.

Novita, N., & Sulistiyana, S. (2023). Mengenal huruf dengan kombinasi model demonstration, make a match, metode bermain dengan media flashcard. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 3(1), 17-27.

Nurfadilah, D. R., Ngatman, N., & Suryandari, K. C. (2024). Peningkatan profil pelajar Pancasila aspek berkebhinekaan global melalui model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media flashcard pada pembelajaran IPAS siswa kelas IV SD. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(3), 1729-1737.

Pan, S. C., Zung, I., Imundo, M. N., Zhang, X., & Qiu, Y. (2023). User-generated digital flashcards yield better learning than premade flashcards. Journal of Applied Research in Memory and Cognition, 12(4), 574-588.

Purnama, H. I. (2023). Implementasi saintifik terintegrasi make a match dengan reward edugames dalam pembelajaraan. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(1), 115-128.

Rosyiddin, A. A. Z., Fiqih, A., Hadiapurwa, A., Nugraha, H., & Komara, D. A. (2023). The effect of interactive PowerPoint media design on student learning interests. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 8(1), 12-24.

Salamah, D. (2022). Pembelajaran team quiz berbantuan Quizizz terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 461-470.

Sambawarana, A. A. N. (2022). Model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar tematik pada siswa kelas III sekolah dasar. Journal of Education Action Research, 6(4), 446-452.

Saputra, M., Pramono, R. M., Ayu, M. L., Widuri, N. E. S., Pratiwi, S. A., Nourmalia, S., & Farika, T. (2024). Pengembangan media flashcard Pancasila untuk menguatkan profil pelajar Pancasila siswa kelas X SMAN 1 Malang. Journal of Education Research, 5(4), 5777-5787.

Savitri, A. Y., & Amalina, S. N. (2023). Pengaruh model pembelajaran kooperatif make a match terhadap keaktifan dan hasil belajar. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(2), 166-177.

Setiawan, M. A., Sriadhi, S., & Silaban, S. (2024). Enhancing critical thinking skill by implementing electronic student worksheets based on guided inquiry in natural science subject for elementary school. Jurnal Pendidikan Kimia, 16(3), 225-229.

Thaariq, Z. Z. A., Yulianto, M. F., & Nurdiyanto, R. (2023). Construction of an Adaptive Blended Curriculum (ABC) model in implementing local content curriculum. Inovasi Kurikulum, 20(2), 177-192.

Ubaidillah, A., Suad, S., & Santosa, S. (2023). Motivasi pembelajaran jarak jauh dengan buku saku tematik berbasis model pembelajaran ARCS. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 17(1), 109-114.

Viergiawati, W., Gunawan, A., & Kripsiyadi, G. (2024). Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa (Studi quasi eksperimen pada mata pelajaran bahasa Indonesia). Logika: Journal of Multidisciplinary Studies, 15(2), 248-257.

Yatimah, D., Sukati, S., & Maksum, K. (2024). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe MAM (Make A Match) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas III MI Al-Muhsin 1 Krapyak. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 3(1), 40-51.

Published

29-08-2025

How to Cite

Fahira, R., Saragi, D., & Dewi, R. (2025). Effect of making a match model, flashcard media, and motivation on learning outcomes. Inovasi Kurikulum, 22(3), 1885-1902. https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.90

Similar Articles

21-30 of 56

You may also start an advanced similarity search for this article.