Educandy assisted as learning media to improve critical thinking skills on light material in elementary school

Authors

  • Aditya Rizqi Putra Purnomo Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Author
  • Zulherman Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Author

DOI:

https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.98

Keywords:

critical thinking skill, Educandy, elemantary school, learning media development

Abstract

The low critical thinking skills of students in science education serve as the primary background for this study. Therefore, this research and development aims to produce and test the effectiveness of an Edu-Game-based learning medium on the Educandy platform for the topic of Light in 5th-grade elementary school. This study employed the RnD method using the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) development model. The research involved media and material experts for feasibility testing, as well as 5th-grade students from three different elementary schools. The validation results from the experts indicated a feasibility rating of "Very Feasible". The effectiveness test, using the non-parametric Mann-Whitney U test, demonstrated effective results at SDN Batu Ampar 08 and SDN Dukuh 01. In contrast, the results at SDN Kebon Pala 11 were not effective. Thus, it is concluded that this learning medium is feasible for enhancing students' critical thinking skills, although one school showed a non-significant difference in N-Gain scores.

 

Abstrak

Rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPA menjadi latar belakang utama penelitian ini. Oleh karena itu, penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan dan menguji efektivitas media pembelajaran interaktif berupa Edu-Game pada platform Educandy untuk materi Cahaya di kelas V SD. Penelitian ini menggunakan metode RnD (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini melibatkan ahli dalam media dan materi sebagai penguji kelayakan, serta peserta didik kelas 5 SD dari 3 Sekolah Dasar yang berbeda. Berdasarkan hasil uji validasi oleh ahli, menunjukan kategori kelayakan “Sangat layak”. Hasil uji efektivitas dengan uji non-parametrik Mann Whitney U pada SDN Batu Ampar 08 dan SDN Dukuh 01 menunjukkan hasil efektif sedangkan SDN Kebon Pala 11 menunjukkan hasil tidak efektif. Dengan demikian dalam pengembangan media pembelajaran ini dalam meningkatkan critical thinking skill peserta didik dinyatakan layak meskipun terdapat satu sekolah yang menunjukkan hasil beda (N-Gain) yang tidak signifikan.

Kata Kunci: Educandy; kemampuan berpikir kritis; pengembangan media pembelajaran; sekolah dasar

References

Amir, N. F., Malmia, W., Magfirah, I., Andong, A., & Buton, S. (2024). Pemanfaatan media Educandy dalam peningkatan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas V Sekolah Dasar. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 1-8.

Anugraheni, I. (2020). Analisis kesulitan mahasiswa dalam menumbuhkan berpikir kritis melalui pemecahan masalah. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 261-267.

Aprilia, Y., Darmiany, D., & Affandi, L. H. (2022). Analisis kesulitan guru dalam kegiatan pembelajaran pada era new normal di kelas rendah SDN 2 Beleka. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1892-1898.

Audina, M., & Ramadan, Z. H. (2025). Pengaruh model game based learning berbantuan Educandy terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV sekolah dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(3), 457-467.

Dewi, P. R. P. I., Wijayanti, N. M. W., & Juwana, I. D. P. (2022). Efektivitas penerapan media pembelajaran digital assembler edu pada mata pelajaran Matematika di SMK Negeri 4 Denpasar. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Widya Mahadi, 2(2), 98-109.

Durisa, A. I., Istiningsih, S., & Widodo, A. (2022). Menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan di sekolah dasar. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 55-63.

Ferdianti, S., & Anwar, A. S. (2023). Pemanfaatan media pembelajaran Educandy berbasis games edukasi pada pelajaran Matematika untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas V SDN Cipicung. Jurnal Lensa Pendas, 8(1), 17-22.

Firdausi, B. W., Warsono, W., & Yermiandhoko, Y. (2021). Peningkatan kemampuan berpikir kritis pada siswa sekolah dasar. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 229-243.

Fitriati, I., Purnamasari, R., Fitrianingsih, N., & Irawati, I. (2021). Implementasi digital game based learning menggunakan aplikasi Educandy untuk evaluasi dan motivasi belajar mahasiswa BIMA. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian 2021, 1(1), 307-312.

Hakim, M. F. Al, Sariyatun, S., & Sudiyanto, S. (2018). Constructing student`s critical thinking skill through discovery learning model and contextual teaching and learning model as solution of problems in learning history. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(4), 175.

Handayani, N. F., Maruti, S. E., & Suprihatin, S. (2024). Penggunaan media pembelajaran Microsoft Sway untuk meningkatkan proses dan hasil belajar IPAS siswa kelas iv SDN Munggut 01 Madiun. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 3(4), 13-20.

Haque, M. I. Z. U., Fachrezi, M. A., & Hadiapurwa, A. (2024). Gamifikasi pembelajaran dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 7(1), 58-70.

Hikmah, N., Ilhamdi, M. L., & Astria, F. P. (2023). Pengembangan media pembelajaran monopoli pintar berbasis permainan edukasi pada mata pelajaran IPA kelas V sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1809-1822.

Ifliadi, I. (2024). Pemanfaatan media pembelajaran Educandy di sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Keguruan dan Pendidikan (SNKP), 2(1), 95-101.

Jian, C. (2023). A Study on the teaching practice of advanced English ideological and political education based on ADDIE model. Journal of Education and Educational Research, 2(1), 130-132.

Khairani, P., Khadavi, M., & Salsyabillah, M. (2023). Pembelajaran berbasis game: Manfaat, tantangan, dan strategi implementasi dalam konteks pendidikan tinggi pada Akademi Keuangan Perbankan Nusantara (AKUBANK). Jurnal Pendidikan Penggerak, 1(1), 1-6.

Khoiri, N., Perdana, W. A., & Wijayanto. (2023). Edu-game application based-android quantity and unit concepts using game engine constructs 2. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(7), 5281-5288.

Kurniawan, A., Feronika, A., Liandri, T. W., Puspita, T. I., Novianti, T., Sagita, T., ... & Salmaini, S. (2025). Game-based learning with educandy to improve Indonesian language learning outcomes of grade V elementary school students. Tofedu: The Future of Education Journal, 4(6), 1598-1603.

Kurniawati, L., Ganda, N., & Mulyadiprana, A. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis permainan monopoli pada pelajaran IPS SD. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(4), 860-873.

Lydia, E., & Irfan, A. M. (2022). Penerapan pembelajaran digital pada materi peralatan dan bahan las listrik untuk meningkatkan minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 8(2), 179-186.

Mahrus, M. (2021). Manajemen kurikulum dan pembelajaran dalam sistem pendidikan nasional. Jieman: Journal of Islamic Educational Management, 3(1), 41-80.

Maryani, E. (2024). Pembelajaran berdiferensiasi dalam upaya peningkatan kosa kata peserta didik menggunakan media Educandy di SMP. Jurnal Pendidikan: Edukasi Kusuma Bangsa, 6(2), 50-58.

Masjudin, M. (2020). Manfaat media teknologi dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial, 5(2), 32-44.

Muhamad, R., Mahmud, M., & Bahsoan, A. (2023). The use of learning media on students’ learning outcomes. Journal of Economic and Business Education, 1(1), 30-35.

Mulyani, S., Nurmeta, I. K., & Maula, L. H. (2023). Analisis implementasi profil pelajar Pancasila di sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1638-1645.

Ningsih, E. P. (2024). Analisis peran pembelajaran berbasis permainan dalam meningkatkan partisipasi siswa pada pelajaran PJOK. Journal of Salutare, 1(1), 28-34.

Nurbaya, N., Paida, A., & Ratnawati, R. (2025). Educandy-based media improves activeness and reading comprehension in grade V students. Indonesian Journal of Innovation Studies, 26(4), 10-21070.

Nurjanah, S., Dea, L. F., & Anwar, M. S. (2022). Development of games online features Educandy to children aged 5-6 years. Bulletin of Early Childhood, 1(1), 1-19.

Pandiangan, E. L., Umami, K., & Riski, M. (2024). Pelatihan penggunaan media pembelajaran berbasis permainan (digital game bassed learning) menggunakan aplikasi Kahoot bagi guru Madrasah MIN 3 Langkat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(2), 25-35.

Permana, N. S. (2022). Game based learning sebagai salah satu solusi dan inovasi pembelajaran bagi generasi digital native. JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 22(2), 313-321.

Pitriyana, S., & Razali, M. (2024). Analisis penerapan media digital interaktif dalam pembelajaran Matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep kalkulus pada mahasiswa. AFoSJ-LAS, 4(4), 79-85.

Pradana, D., Nur, M., & Suprapto, N. (2020). Improving critical thinking skill of junior high school students through science process skills based learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(2), 166-172.

Pratomo, I. C., & Herlambang, Y. T. (2021). Urgensi keluarga dalam pendidikan karakter. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 8(1), 7-15.

Rahayu, D., Muttaqien, M., & Solikha, M. (2023). Pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantu Educandy terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Edukasi, 1(2), 234-246.

Ritonga, N., Sakdiah, H., Gultom, B., Nazliah, R., Studi, P., Biologi, P., & Keguruan, F. (2020). Kemampuan berpikir kritis dalam proses pembelajaran IPA melalui pendekatan keterampilan. Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA), 3(2), 41-45.

Rosarian, A. W., & Dirgantoro, K. P. S. (2020). Upaya guru dalam membangun interaksi siswa melalui metode belajar sambil bermain. Johme: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(2), 146-163.

Rosmana, P. S., Iskandar, S., Rahma, A. R., Maria, S., Supriatna, S., & Wahyuningtyas, T. (2023). Efektivitas penggunaan media pembelajaran digital pada hasil belajar siswa kelas 5 SDN 6 Nagrikaler. Jurnal Sinektik, 6(1), 10-17.

Rosyiddin, A. A. Z., Fiqih, A., Hadiapurwa, A., Nugraha, H., & Komara, D. A. (2023). The effect of interactive PowerPoint media design on student learning interests. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 8(1), 12-24.

Salam, N., Suyanto, S., & Ningsih, S. N. (2024). Maximizing the potential of digital learning media in primary education: Insights from a systematic literature review. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 7(3), 615-629.

Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar Matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 163-177.

Spatioti, A. G., Kazanidis, I., & Pange, J. (2022). A comparative study of the ADDIE instructional design model in distance education. Information, 13(9), 1-20.

Suryani, D., Winardi, S., & Mas Diyasa, I. (2021). Aplikasi permainan edukasi anak mengeja dalam bahasa Inggris (spelling & fun) berbasis Android. Scan: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 16(1), 21-26.

Triwulandari, S., & Supardi, S. (2022). Analisis inteligensi dan berpikir kritis. Utile: Jurnal Kependidikan, 8(1), 50-61.

Wahyuni, N., Djonnaidy, S., Miladiyenti, F., Fitria, N., & Ramadhani, A. P. (2022). Pemanfaatan aplikasi Educandy sebagai integrasi technology-based learning strategies untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa SMK dalam pembelajaran bahasa Inggris. Jurnal Abdimas: Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat, 4(1), 51-57.

Waruwu, M. (2024). Metode penelitian dan pengembangan (R&D): Konsep, jenis, tahapan dan kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220-1230.

Published

29-08-2025

How to Cite

Purnomo, A. R. P., & Zulherman, Z. (2025). Educandy assisted as learning media to improve critical thinking skills on light material in elementary school. Inovasi Kurikulum, 22(3), 1903-1918. https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.98

Similar Articles

31-40 of 64

You may also start an advanced similarity search for this article.