Collection development analysis in school library
Keywords:
collection development, learning resources, school libraryAbstract
Collections, as one of the supporting aspects of libraries, must be managed and developed well. This can be done by developing collections. All activities that take place in libraries need to be standardized with regulations, one of which is Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2017 tentang Standar Nasional Perpustakaan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. This research aims to determine the condition of the collection in the SMA Negeri 2 Library regarding the collection development activities carried out and to design recommendations for the Cimahi SMA Negeri 2 Library regarding collection development activities. The method used to obtain data is observation through a descriptive qualitative approach. Data was obtained through observation and interviews with the Head of the Library at SMA Negeri 2 Cimahi. The results show that the Cimahi 2 State High School Library has a fairly good collection, but the number does not meet the National High School/MA Library Standards standards. Therefore, the Cimahi 2 State High School Library needs to improve and develop its collection development activities for the better.
Abstrak
Koleksi sebagai salah satu aspek penopang perpustakaan perlu dikelola dan kembangkan dengan baik. Hal ini dapat dilakukan dengan pengembangan koleksi. Segala kegiatan yang berlangsung di perpustakaan perlu distandarisasi dengan regulasi, salah satunya dengan Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2017 tentang Standar Nasional Perpustakaan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi koleksi di Perpustakaan SMA Negeri 2 berkenaan dengan kegiatan pengembangan koleksi yang dilakukan, serta merancang rekomendasi bagi Perpustakaan SMA Negeri 2 Cimahi terkait kegiatan pengembangan koleksi. Metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah observasi melalui pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui kegiatan observasi dan wawancara dengan Kepala Perpustakaan SMA Negeri 2 Cimahi. Hasil menunjukkan bahwa Perpustakaan SMA Neger 2 Cimahi telah memiliki koleksi yang cukup baik, namun untuk jumlahnya belum memenuhi standar yang ada di Standar Nasional Perpustakaan SMA/MA. Maka dari itu, Perpustakaan SMA Negeri 2 Cimahi perlu memperbaiki dan mengembangkan kegiatan pengembangan koleksinya menjadi lebih baik.
Kata Kunci: pengembangan koleksi; perpustakaan sekolah; sumber belajar
References
Addin, H. S., Anggraini, H., Yenti, H. N. R. P., Sari, F. W., & Hidayat, I. (2024). Strategi pengembangan koleksi perpustakaan digital. Media Informasi, 33(1), 88-95.
Akhsanti, S. D. (2018). Pelaksanaan pengembangan koleksi Perpustakaan SMA Negeri 2 Bantul. Hanata Widya, 7(5), 1-10.
Alimi, T., Achmad, A., Rochmah, A., & Fahmi, M. (2019). Penerapan manajemen perpustakaan dalam meningkatkan mutu layanan di Perpustakaan MTs Al Ibrohimi Manyar Kabupaten Gresik. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 1(1), 1-26.
Anshari, I., & Silviana, S. (2022). Pengelolaan layanan sirkulasi perpustakaan dalam peningkatan minat kunjung peserta didik di SMAN 1 Baitussalam Aceh Besar. Intelektualita, 10(2), 39-54.
Ardiansah, A., Komara, D. A., & Halimah, L. (2022). Evaluation of the library management program as a learning resources with Discrepancy Model. Curricula: Journal of Curriculum Development, 1(1), 87-100.
Ardyawin, I. (2020). Urgensi pengembangan koleksi sebagai upaya menyediakan koleksi yang berkualitas di perpustakaan. Jurnal Adabiya, 20(1), 86.
Arya, G. Z., Hadiapurwa, A., Wulandari, Y., & Nugraha, H. (2024). implementasi monitoring dan evaluasi pada pengembangan koleksi Perpustakaan SMA Pasundan 8 Bandung. UNILIB: Jurnal Perpustakaan, 15(1), 39-50.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.
Faiz, A., Putra, N. P., & Nugraha, F. (2022). Memahami makna tes, pengukuran (measurement), penilaian (assessment), dan evaluasi (evaluation) dalam pendidikan. Jurnal Education and Development, 10(3), 492-495.
Galih, A. P. (2020). Strategi pengembangan koleksi Perpustakaan Madrasah Ibtidaiyah Negeri Jawa Timur. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(2), 3-6.
Grahita, D., & Rachmawati, T. S. (2023). Kerjasama Perpustakaan Universitas Komputer Indonesia dengan Japan Foundation dalam pengadaan bahan pustaka. Majalah Ilmiah Tabuah: Talimat, Budaya, Agama, dan Humaniora, 27(2), 107-114.
Hermawan, D. (2021). Akuisisi bahan pustaka pada Perpustakaan Akademi Film Yogyakarta. Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 3(1), 45-54.
Hikmat, A. N. (2019). Pengembangan koleksi perpustakaan Sekolah Menengah Pertama 22 Kota Jambi. Libraria: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 11(2), 93-114.
Hutapea, E. M. (2021). Analisis kebutuhan informasi pemustaka di Perpustakaan IAKN Tarutung. Maktabatuna, 3(1), 39-50.
Janah, M., Lolytasari, L., & Hasibuan, A. A. (2022). Kesiapan perpustakaan sekolah dalam pengembangan koleksi untuk menunjang prestasi siswa. The Light: Journal of Librarianship and Information Science, 2(2), 67-76.
Karyati, R. (2020). Monitoring dan evaluasi supervisi akademik sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi kepala sekolah binaan kepengawasan Kota Malang. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(3), 122-132.
Khariroh, U. (2023). Pengembangan koleksi Perpustakaan STAI Al-Anwar Sarang. Libria, 15(2), 144-161.
Maharani, A. P., & Hadiapurwa, A. (2023). Evaluation of high school library management: Implementation of CIPPO evaluation model. Record and Library Journal, 9(1),118-126.
Maulana, C., Prabowo, R., Ardiansyah, H., Andriani, R., & Maulida, V. (2024). Peningkatan kompetensi guru MA Asy-Syifa terkait implementasi assessment dalam kurikulum merdeka. Jurnal Pengabdian Untukmu Negeri, 8(3), 319-324.
Maysyaroh, Y., & Sawiji, H. (2023). Manejemen layanan perpustakaan di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kebupaten Karanganyar. Evokasi: Jurnal Kajian Administrasi dan Sosial Terapan, 2(1), 24-34.
MS, N. I. B. (2021). Tahapan-tahapan dalam proses pengembangan koleksi (Studi kasus Perpustakaan Universitas Gajah Putih Takengon, Kabupaten Aceh Tengah). Jurnal Adabiya, 23(1), 19.
Nukhbatillah, I. A., Hasanah, U., Suhertin, T., Milah, A. R., & Mukti, A. T. S. (2023). Analisis kesesuaian penyelenggaraan perpustakaan sekolah berdasarkan standar perpustakaan (studi kasus MIS Bojongmalang Pangandaran). El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 142-148.
Nurfaidah, W., Aprilda, R., Kholik, A., & Mahnun, N. (2024). Analisis monitoring dan evaluasi kinerja dosen berdasarkan penilaian mahasiswa. Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan, 5(1), 1-12.
Nurlia, Syawaluddin, M., & Yanto, Y. (2020). Analisis kebutuhan pemustaka melalui metode request book di Perpustakaan SMAN Sumatera Selatan. Tadwin: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 1(2), 96-104.
Pebriani, U., & Jumino, J. (2019). Analisis penyiangan koleksi di Perpustakaan Umum Gunung Bungsu Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(1), 258-267.
Pitri, N. (2021). Pengembangan koleksi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sungai Penuh. Baitul'Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 5(1), 31-44.
Rodin, R., Retnowati, D. A., & Sasmita, Y. P. (2021). Manajemen perpustakaan sekolah (studi pada Perpustakaan Ceria Sman 1 Rejang Lebong). The Light: Journal of Librarianship and Information Science, 1(1), 1-11.
Rosydiana, W. N., & Zulaikha, S. R. (2022). Seleksi bahan pustaka dalam pengembangan koleksi di UPT Pepustakaan UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri (SAIZU) Purwokerto. Jurnal Pustaka Ilmiah, 8(2), 79-86.
Rusmin, J. M. (2022). Analisis pengembangan koleksi Perpustakaan Institut Teknologi Indonesia. TIK Ilmeu: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 6(1), 93-106.
Safiinatunnajah, G. A., & Logayah, D. S. Strengthening school literacy programs with support from library collection development. Dedicated: Journal of Community Services (Pengabdian kepada Masyarakat), 1(1), 117-126.
Sari, K. P., Zulaikha, S. R., & Mubarokah, A. (2023). Alur tahapan pengembangan koleksi di Perpustakaan Sman 1 Bengkulu Tengah. Jurnal Ilmu Perpustakaan (JIPER), 5(2), 187-202.
Setiyawati, D. (2021). Implementasi kebijakan pengembangan koleksi di Perpustakaan Stikes Muhammadiyah Gombong. Al-Ma’mun: Jurnal Kajian Kepustakawanan dan Informasi, 2(1), 17-27.
Suryanto, S. (2021). Kebijakan seleksi dalam mendukung standar koleksi di perpustakaan sekolah. Al-Ijtima`i: International Journal of Government and Social Science, 6(2), 147-158.
Widodo, N., & Syahri, M. (2022). Pengembangan koleksi Perpustakaan Samudra Pustaka Desa Plosorejo Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 19(1), 152-167.
Yuliani, T. (2020). Analisis kebutuhan pemustaka pada kegiatan layanan pengembangan koleksi buku Perpustakaan IAIN Batusangkar. Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 2(1), 41-52.
Yuniar, S. R., Margana, H. H., & Hadiapurwa, A. (2021). Pengembangan koleksi perpustakaan di Telkom University open library. Jurnal Pustaka Ilmiah, 7(1), 36-44.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Shinta Ratna Yudhi Hapsari, Yayu Wulandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.