Development of a contextual-based digital book to improve short story writing skills

Authors

  • Rani Adillah Universitas Negeri Medan Author
  • Abdurahman Adisaputera Universitas Negeri Medan Author
  • Wildansyah Lubis Universitas Negeri Medan Author

DOI:

https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.62

Keywords:

contextual approach, digital book, short story, writing skills

Abstract

The current technological development has challenges in seeing the condition of Indonesian language learning in elementary schools, which is still dominated by theoretical approaches. The ability to write is not just composing words, but a reflection of scientific, creative and structured thinking processes that must be honed gradually from an early age. This study aims to develop a context-based digital book using the Project-Based Learning model to enhance elementary school students’ short story writing skills. The research employed a Research and Development (RnD) method using the 4-D model consisting of Define, Design, Develop, and Disseminate stages. The research subjects were fifth-grade students of SD Swasta Sinar Husni in Medan. Research instruments included a writing skill test and expert validation questionnaires based on writing indicators and media feasibility criteria. Validation results from content, media, and design experts indicated that the developed digital book was highly valid and suitable for use in instructional settings. The effectiveness test revealed significant improvements in students’ writing skills, particularly in idea development, logical story structure, and the accurate use of language and punctuation. The implementation also resulted in increased student engagement, learning motivation, and involvement in writing activities based on real-life experiences. These findings suggest that context-based digital books integrated with Project-Based Learning can serve as an effective and practical instructional medium, especially in developing narrative writing skills that are systematic, relevant, and creative for primary school students.

 

Abstrak

Perkembangan teknologi saat ini memiliki tantangan dalam melihat kondisi pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar yang masih didominasi pendekatan teoritis. Kemampuan menulis tidak sekadar menyusun kata, tetapi menjadi cerminan proses berpikir ilmiah, kreatif, dan terstruktur yang harus diasah secara bertahap sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku digital berbasis pendekatan kontekstual dengan menggunakan model Project Based Learning guna meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek peserta didik sekolah dasar. Penelitian menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model pengembangan 4-D yang terdiri atas tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Swasta Sinar Husni Kota Medan. Instrumen penelitian mencakup tes keterampilan menulis dan angket validasi yang disusun berdasarkan indikator menulis serta kelayakan media pembelajaran. Hasil validasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli desain menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan berada pada kategori sangat valid dan layak digunakan. Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan keterampilan menulis peserta didik, khususnya pada aspek pengembangan ide, penggunaan struktur cerita yang logis, serta ketepatan bahasa dan ejaan. Implementasi buku digital ini juga menunjukkan peningkatan partisipasi aktif peserta didik, motivasi belajar, dan keterlibatan dalam kegiatan menulis berbasis pengalaman nyata. Temuan ini merekomendasikan bahwa buku digital berbasis pendekatan kontekstual dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif, aplikatif, dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik sekolah dasar, khususnya dalam meningkatkan kemampuan menulis naratif secara sistematis dan kreatif.

Kata Kunci: buku digital; keterampilan menulis; pendekatan kontekstual; project based learning

References

Akras, A., & Pujiastuti, H. (2025). Pengaruh problem based learning terhadap kemampuan literasi matematis siswa SMP ditinjau dari gaya belajar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 527-538.

Al Fithri, Q. A., Soraya, I., & Hamdani, A. S. (2025). Pembentukan keterampilan abad 21 melalui pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran PAI. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 40-55.

Arifah, S., Arnidah, A., & Haling, A. (2023). Development of character education digital book students class VIII SMPIT Al-Hikmah Pangkajene. Inovasi Kurikulum, 20(2), 289-304.

Azka, A. R., Miranti, M. G., Romadhoni, I. F., & Pangesthi, L. T. (2024). Pengembangan buku saku digital sanitasi higiene berbasis heyzine di home industry pengolahan croissant. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2929-2934.

Azzahra, D., & Butarbutar, C. (2024). Pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas XI MIA SMA Negeri Perisai tahun pembelajaran 2023/2024. Educurio: Education Curiosity, 3(1), 90-102.

Budiani, L. S., Sutisnawati, A., & Maula, L. H. (2023). Meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui penggunaan media diorama di sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP Unma, 9(2), 1011-1016.

Farahiba, A. S. (2022). Pengembangan instrumen tes literasi peserta didik pada materi teks anekdot. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 146-154.

Febrianti, F. A. (2021). Pengembangan digital book berbasis flip PDF Professional untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Caruban: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 102-115.

Fortinasari, P., Anggraeni, C. W., & Malasari, S. (2022). Digital storytelling sebagai media pembelajaran yang kreatif dan inovatif di era new normal. Aptekmas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(1), 24-32.

Hadiapurwa, A., Listiana, A., & Efendi, E. E. (2021). Digital flipbook as a learning media to improve visual literacy for 4th grade students at SDN Abdi Negara. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 10(1), 8-13.

Hartini, H., Karsadi, K., & Darnawati, D. (2023). Penanaman nilai karakter pada anak sekolah dasar dengan pendekatan storytelling melalui media komunikasi visual. Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS, 7(2), 95-106.

Herniyastuti, H., & Kadir, A. (2024). Integrasi teknologi dalam pembelajaran bahasa indonesia di sekolah dasar: solusi untuk meningkatkan minat belajar siswa. Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro, 3(1), 1-5.

Hoerudin, C. W. (2024). Upaya meningkatkan kemampuan membaca teks cerita pendek melalui metode talking stick pada pembelajaran bahasa indonesia di sekolah dasar. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 5(1), 1-14.

Irawan, D. F., Dzakiroh, A., Pradana, D. A. P., Saputri, D. A. A., & Murron, F. S. (2024). Creative teacher's dictionary: Enhancing teacher competence in creating learning media to support Indonesia's SDGs program. Inovasi Kurikulum, 21(1), 109-124.

Khanifah, S. (2020). Story telling sebagai media pendidikan karakter kebangsaan di daerah 3T. Jurnal Ilmiah WUNY, 2(1), 50-60.

Kurniati, P., Kelmaskouw, A. L., Deing, A., Bonin, B., & Haryanto, B. A. (2022). Model proses inovasi kurikulum merdeka implikasinya bagi siswa dan guru abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 408-423.

Kottacheruvu, N. (2023). Developing writing skills through English short stories: A case study in the classroom: English writing skills. International Journal of Language and Literary Studies, 5(1), 287-299.

Lestari, D. P., Sukartiningsih, W., & Hendratno. (2022). Pengembangan buku digital berpendekatan balance literacy untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema 3 Benda di Sekitarku kelas III sekolah dasar. Jurnal Education and Development, 10(1), 312-320.

Marcheilla, L., Oktaviana, W., & Oriyani, B. (2025). Efektivitas project-based learning dalam meningkatkan keterampilan literasi digital dan kreativitas siswa sekolah dasar. Pendis (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial), 4(1), 15-21.

Mulyaningsih, L., Rufi’i, R., & Walujo, D. (2021). Project based learning dan contextual teaching and learning serta gaya belajar pada ilmu pengetahuan alam. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(1), 110-123.

Ningrum, D. M. F., Ristiyani, R., & Roysa, M. (2023). Pembelajaran menulis cerita pendek menggunakan aplikasi Wattpad. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(1), 26-32.

Pramasdyasari, A. S., Aini, S. N., & Setyawati, R. D. (2024). Enhancing students’ mathematical critical thinking skills through ethnomathematics digital book STEM-PjBL. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 97-112.

Resti, R., Wati, R. A., Ma’Arif, S., & Syarifuddin, S. (2024). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi sebagai alat untuk meningkatkan kemampuan literasi digital siswa sekolah dasar. Al Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(3), 1145-1157.

Rukman, V. R., & Samsudin, A. (2022). Pengembangan bahan ajar modul berbasis pendekatan kontekstual berbantuan aplikasi canva materi pecahan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III sekolah dasar. Jurnal Profesi Pendidikan, 1(2), 133-141.

Sabarudin, M., Al Ayyubi, I. I., & Rohmatulloh, R. (2023). Metode project-based learning untuk menumbuhkan nilai-nilai Pancasila. AlMaheer: Jurnal Pendidikan Islam, 1(02), 15-22.

Sarwat, S., Ullah, N., Shehzad Anjum, H. M., & Bhuttah, T. M. (2021). Problems and factors affecting students English writing skills at elementary level. Ilkogretim Online, 20(5), 1-10.

Setiawan, M. A., Sriadhi, S., & Silaban, S. (2024). Enhancing critical thinking skill by implementing electronic student worksheets based on guided inquiry in natural science subject for elementary school. Jurnal Pendidikan Kimia, 16(3), 225-229.

Setyowati, R. R., Rochmat, S., & Nugroho, A. N. P. (2023). Virtual reality on contextual learning during COVID-19 to improve students' learning outcomes and participation. International Journal of Instruction, 16(1), 173-190.

Simanungkalit, A. N., S, M. F., & Sitohang, T. (2024). Pengaruh model Self-Directed Learning (SDL) terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks pada siswa kelas XI SMA Swasta Abdi Negara Binjai. JKIP Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 4(2), 514-523.

Sinaga, M. U., Mustika, S., Simamora, P. J., & Daulay, I. K. (2022). Implementasi teknik brainwriting dalam meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek pada siswa kelas VIII SMP. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 4(1), 93-100.

Sugerman, S., Hasan, H., & Mawardi, A. (2022). Pengaruh model self-directed learning di era merdeka belajar terhadap kemampuan menulis cerpen siswa SMAN 1 Dompu. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(3), 151-159.

Sulistyowati, T. S. (2023). Model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 282-288.

Susanti, S. (2023). Membaca dan menulis sebagai keterampilan literasi informasi peserta didik SDN 164 Karang Pawulang Bandung. Midang, 1(1), 8-12.

Tia, J. N. A., & Wangid, M. N. (2024). Impact of project based learning (PjBL) on enhancing student self-confidence. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 16(3), 3684-3696.

Waruwu, L. S. (2022). Kemampuan menulis cerita pendek siswa SMP swasta Kristen BNKP Telukdalam kelas IX-2 tahun ajaran 2021/2022. Faguru: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 267-275.

Wibowo, S., & Fitriany, A. (2025). Integrasi pendekatan kontekstual dalam pembelajaran Sejarah: studi pada mata kuliah sejarah kebudayaan Indonesia. Consilium: Education and Counseling Journal, 5(1), 678-690.

Published

29-08-2025

How to Cite

Adillah, R., Adisaputera, A., & Lubis, W. (2025). Development of a contextual-based digital book to improve short story writing skills. Inovasi Kurikulum, 22(3), 1461-1476. https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.62

Similar Articles

11-20 of 54

You may also start an advanced similarity search for this article.