Implementation of Islamic religious education curriculum based on religious values in junior high schools
DOI:
https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.65Keywords:
curriculum implementation, Islamic religious education, junior high school, religious valuesAbstract
Islamic Religious Education (Pendidikan Agama Islam or PAI) in secondary schools has a strategic role in shaping students' character in accordance with Islamic values. However, the implementation of the ideal PAI curriculum still faces several challenges, including differences in the perception of implementers, limited resources, and the influence of the social environment. The purpose of this article is to comprehensively analyze the implementation of PAI curriculum design in secondary education practice and how religious values can be integrated into all aspects of learning. Through the literature review method and qualitative analysis, this article finds that the role of teachers, school support, and family and community involvement have a significant impact on the success of curriculum implementation. In addition, Islamic values are reinforced not only through teaching materials, but also through role models and school culture. This paper can serve as a reference for policy makers, educators, and researchers in an effort to improve the relevance and effectiveness of PAI curriculum implementation at the secondary level. Improving the quality of curriculum implementation will contribute positively to the development of a young generation with character and faith.
Abstrak
Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah menengah memiliki peran strategis dalam membentuk karakter peserta didik sesuai dengan nilai-nilai Islam. Namun implementasi kurikulum PAI yang ideal masih menghadapi beberapa tantangan, diantaranya perbedaan persepsi pelaksana, keterbatasan sumber daya, dan pengaruh lingkungan sosial. Tujuan artikel ini untuk menganalisis secara komprehensif implementasi desain kurikulum PAI dalam praktik pendidikan menengah dan bagaimana nilai-nilai religius dapat diintegrasikan ke dalam semua aspek pembelajaran. Melalui metode tinjauan literatur dan analisis kualitatif artikel ini menemukan bahwa peran guru, dukungan sekolah, serta keterlibatan keluarga dan masyarakat memiliki dampak yang signifikan terhadap keberhasilan implementasi kurikulum. Selain itu, nilai-nilai Islam diperkuat tidak hanya melalui bahan ajar, tetapi juga melalui keteladanan dan budaya di sekolah. Tulisan ini dapat menjadi referensi bagi para pengambil kebijakan, pendidik dan peneliti dalam upaya meningkatkan relevansi dan efektivitas implementasi kurikulum PAI di tingkat menengah. Peningkatan kualitas implementasi kurikulum akan memberikan kontribusi positif bagi pengembangan generasi muda yang berkarakter dan beriman.
Kata Kunci: implementasi kurikulum; nilai-nilai religius; pendidikan agama Islam; sekolah menengah pertama
References
Acetylena, S., Agustin, E. F., Amrillah, S. F., & Setiawan, E. (2025). Pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam dalam meningkatkan karakter peserta didik baru. Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 424-429.
Aflah, F. R., & Alwizar, A. (2024). Prinsip pendidikan menurut Al-Qur’an. Hamalatul Qur’an: Jurnal Ilmu Ilmu Alqur’an, 5(2), 631-639.
Anas, A., Ibad, A. Z., Anam, N. K., & Hariwahyuni, F. (2023). Implementasi kurikulum merdeka Madrasah Ibtidaiyah (MI): Studi analisis kebijakan KMA RI No. 347 Tahun 2022. Journal of Creative Student Research, 1(1), 99-116.
Arti, D., Sagala, R., & Kusuma, G. C. (2024). Penguatan nilai-nilai karakter melalui pendidikan agama Islam. Learning: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 671-681.
Asli, N., & Dewi, D. E. C. (2024). Desain pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di SD ditinjau dari faktor teknologi. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 5(1), 33-45.
Aziz, A., & Hasanah, U. (2022). Penguatan profil pelajar Pancasila melalui pendidikan karakter berbasis nilai-nilai islam di madrasah ibtidaiyah. Journal of Education and Learning Sciences, 2(2), 1-14.
Dewi, D. C. E., & Yusilafita, A. (2024). Desain pengembangan kurikulum (Pendidikan Agama Islam) PAI di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Ghaitsa: Islamic Education Journal, 5(3), 231-241.
Fitrah, M., & Kusnadi, D. (2022). Integration of Islamic values in teaching Mathematics as a form of strengthening students’ character. Journal of Eduscience, 9(1), 152-167.
Fitriani, N., & Masnawati, E. (2024). Analisis kurikulum merdeka belajar materi aqidah akhlak di SMK YPPI Surabaya. Molang: Journal Islamic Education, 2(2), 14-25.
Hadi, S., & Bayu, Y. (2021). Membangun kerukunan umat beragama melalui model pembelajaran PAI berbasis kearifan lokal pada penguruan tinggi. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 23-36.
Hakim, M. A. R., Kahfi, N. S., Zamzami, A. N., Junaedi, M., & Wahib, A. (2025). Aligning Islamic education with the challenges of the Industrial Revolution 4.0: Opportunity or threat?. Inovasi Kurikulum, 22(1), 43-54.
Kharisma, N. P., Mantau, B. A. K., & Manoppo, Y. K. (2024). Strategi pembelajaran PAI dalam membentuk pola pikir digital, computational thinking, berbasis teknologi informasi pada pembelajaran PAI. Pekerti: Journal Pendidikan Islam dan Budi Pekerti, 6(1), 13-25.
Kesuma, M. I. J., Pahrudin, A., Jatmiko, A., & Koderi, K. (2024). Evaluasi kurikulum pembelajaran pendidikan agama Islam: Evaluation of Islamic religious education learning curriculum. Thawalib: Jurnal Kependidikan Islam, 5(2), 409-420.
Mahrus, M. (2021). Desain pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 81-100.
Mansur, A., & Nursikin, M. (2025). Problematika guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menerapkan kurikulum merdeka pada era digital di SMP Negeri 2 Ambarawa. Risâlah Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 11(2), 516-525.
Munir, M., & Kholid, K. (2022). Signifikansi desain kurikulum KKNI. Roqooba Journal of Islamic Education Management, 2(1), 23-31.
Nisa, F. I., & Hamami, T. (2023). Evaluasi kurikulum pendidikan agama Islam. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 9(3), 1374-1386.
Noor, I. H., Izzati, A., & Azani, M. Z. (2023). Implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Iseedu: Journal of Islamic Educational Thoughts and Practices, 7(1), 30-47.
Nopitasari, M., & Dewi, D. E. C. (2024). Desain pengembangan kurikulum PAI di Sekolah Menengah Atas (SMA). Ghaitsa: Islamic Education Journal, 5(2), 192-198.
Primary, M. A., Rahmat, R., Marlina, N., & Sulastri, F. (2024). Pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka sebagai bentuk peningkatan kompetensi guru dalam pengembangan profesi guru bahasa Inggris SMP Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 7(1), 12-16.
Robbi, Z. F., & Syafi’uddin, S. U. (2025). Pendidikan agama Islam di era digital: Tinjauan literasi dan tantangannya. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 2(3), 21-28.
Sapruddin, S. (2025). Implementasi kurikulum pendidikan agama Islam berbasis kompetensi di era digital. JIEP: Journal of Islamic Education and Pedagogy, 2(1), 32-43.
Sari, I., & Gumiandari, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar pasca pembelajaran daring di SMKN 2 Cirebon. Journal of Education and Culture, 2(3), 1-11.
Sari, E. Y. P., & Istanto, I. (2025). Conceptual analysis of internalizing religious values through Pendidikan Agama Islam (PAI) in improving students' soft skills in the digital era. Inovasi Kurikulum, 22(1), 407-420.
Sucipto, L., Salim, M., & Suratman, S. (2023). Implementasi kurikulum pendidikan agama Islam berbasis masyarakat di Kutai Lama. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(3), 117-125.
Sukino, S. (2023). Pengembangan kurikulum dan pendekatan pembelajaran pendidikan agama Islam kontekstual. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 1-18.
Supriyatin, I., Mutammimah, D., & Juleha. (2024). Penguatan nilai-nilai Islami dalam Mata Kuliah Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) pada Pascasarjana UMT. Masterpiece: Journal of Islamic Studies and Social Sciences, 2(3), 128-133.
Umam, M. R., & Hamami, T. (2023). Evaluasi kurikulum pendidikan agama Islam sekolah dan madrasah. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 15(1), 1-16.
Winarti, W., Saefumillah, S., Hoeriyah, Y., Amal, M. K. K., & Salsabilah, E. (2025). Pengembangan rencana pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis nilai karakter Islami dalam konteks sekolah inklusif. Attractive: Innovative Education Journal, 7(1), 17-35.
Zazkia, S. A., & Hamami, T. (2021). Evaluasi kurikulum pendidikan agama Islam di tengah dinamika politik pendidikan di Indonesia. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 13(1), 82-93.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Salma Rafidah, Istanto (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.