Development of website-based BOGA SERI media to improve understanding safety riding principles

Authors

  • Ratu Suci Sholikhah Wati Universitas Negeri Malang Author
  • Didik Sukriono Universitas Negeri Malang Author
  • Sri Untari Universitas Negeri Malang Author

DOI:

https://doi.org/10.64014/jik.v22i4.153

Keywords:

BOGA SERI, instructional media, safety riding principles, website

Abstract

The high number of traffic accidents that occur among teenagers, especially high school students, provides the background for the need to develop learning media that can improve their understanding of safety riding principles. Media development in the field of education is necessary because efforts to socialize these principles are considered ineffective, as evidenced by the high number of accidents in the regions. This study aims to produce and test the effectiveness of website-based BOGA SERI media in an effort to improve the understanding of these principles among grade X students of SMA Negeri 2 Tuban. The method used is research and development (RnD) with the ADDIE model. Data were collected through questionnaires, documentation, observation, and tests, and then analyzed using a parametric paired sample t-test. The results of statistical tests indicate that the website-based BOGA SERI media has a high level of validity and attractiveness, is easy to use for teachers, and is effective in enhancing students' understanding of safety riding principles. In conclusion, this media meets the criteria for feasibility and effectiveness and can be implemented as a learning medium to support efforts to maintain safety riding among students.

 

Abstrak

Tingginya angka kecelakaan lalu lintas yang terjadi pada remaja, khususnya murid SMA menjadi latar belakang perlunya pengembangan media pembelajaran yang mampu meningkatkan pemahaman prinsip safety riding. Pengembangan media dalam bidang pendidikan diperlukan karena upaya sosialisasi tentang prinsip tersebut dirasa kurang efektif, hal itu terbukti dari tingginya angka kecelakaan didaerah-daerah. Penelitian ini bertujuan menghasilkan dan menguji efektivitas media BOGA SERI berbasis website dalam upaya meningkatkan pemahaman prinsip tersebut pada murid kelas X SMA Negeri 2 Tuban. Metode yang digunakan adalah research and development (RnD) dengan model ADDIE. Data diperoleh melalui angket, dokumentasi, observasi, dan tes, kemudian data dianalisis menggunakan uji beda parametrik paired sample t-test. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa media BOGA SERI berbasis website memiliki tingkat kevalidan dan kemenarikan yang sangat tinggi, mudah digunakan oleh guru, serta efektif dalam meningkatkan pemahaman murid mengenai prinsip safety riding. Kesimpulannya, media ini memenuhi kriteria kelayakan dan keefektifan serta dapat diimplementasikan sebagai media pembelajaran untuk mendukung upaya menjaga keselamatan berkendara pada kalangan pelajar.

Kata Kunci: BOGA SERI; media pembelajaran; prinsip safety riding; website

References

Alfikrie, F., Hidayat, U. R., & Wahyuningtyas, E. P. (2019). Edukasi metode demonstrasi dan role play terhadap pengetahuan polisi lalu lintas (Polantas) tentang pertolongan pertama gawat darurat kecelakaan lalu lintas. Khatulistiwa Nursing Journal, 1(2), 1-6.

Andrew, A., & Muladi, E. (2021). Tinjauan board game edukatif & non edukatif. Jurnal Narada, 8(1), 125-135.

Anindita, D., & Pratama, F. W. (2024). Pengembangan media pembelajaran board game Batula. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(4), 3760-3765.

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan media pembelajaran fisika mobile learning berbasis android. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57-62.

Ayunaning, K., & Prafitasiwi, A. G. (2022). Sosialisasi disiplin berlalu lintas pada siswa SMA/SMK. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 4(2), 139-144.

Bęczkowska, S. A., & Grabarek, I. (2021). The importance of the human factor in safety for the transport of dangerous goods. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(14), 1-18.

Cahyaningtyastuti, M. P., Utami, B. S., & Prestiliano, J. (2020). Perancangan board game sebagai media pembelajaran tentang pentingnya merawat gigi bagi anak usia sekolah dasar. Citradirga-Jurnal Desain Komunikasi Visual dan Intermedia, 2(1), 41-52.

Camelia, A., Fitri, A. D., Fujianti, P., & Munawarah, S. H. (2024). Peningkatan Budaya keselamatan transportasi di lingkungan kampus unsri melalui pengembangan media edukasi digital. Jurnal Inovasi Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 31-36.

Dewi, M. D., & Izzati, N. (2020). Pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis RME materi Aljabar kelas VII SMP. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 217-226.

Djabarudin, M., Mukti, S., Narkum, N., & Setiawan, U. (2025). Permainan dan simulasi untuk memahami konsekuensi korupsi di SDN 1 Citamiang dengan metode role playing. Jurnal Cahaya Edukasi, 3(2), 121-126.

Effendi, I. J., Rizki, A. N. N., Rahman, D. O. R., & Fadel, B. (2024). Pendekatan descriptive analysis berbasis data untuk mengevaluasi kecelakaan lalu lintas di Indonesia. Jurnal Informatika Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, 2(3), 44-58.

Elianta, P., Prestiliano, J., & Setiawan, T. A. (2018). Perancangan board game sebagai media pembelajaran keselamatan berkendara untuk remaja dengan mekanik dice rolling. International Journal of Natural Science and Engineering, 2(3), 80-91.

Ernawati, E. (2017). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah materi perbandingan dan skala. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 110-120.

Fajarizka, A., & Rizkiantono, R. E. (2016). Perancangan board game hanacaraka sebagai media bantu pembelajaran bahasa jawa untuk siswa kelas 3 dan 4 SD. Jurnal Sains dan Seni ITS, 5(2), 76-82.

Firmadani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93-97.

Guritnaningsih, G., Tjahjono, T., & Maulina, D. (2018). Kelalaian manusia (human error) dalam kecelakaan lalu lintas: Analisis berdasarkan pemrosesan informasi. Journal of Indonesia Road Safety, 1(1), 38-45.

Hadma, O. A. (2022). Board game edukatif tentang ibu kota provinsi Indonesia untuk anak sekolah dasar. Judikatif: Jurnal Desain Komunikasi Kreatif, 4(1), 26-31.

Halidu, S., & Etango, Y. V. (2021). Improving speaking skills through role playing method in class IV SDN 05 Dulupi Boalemo District. International Journal of Innovations in Engineering Research and Technology, 8(10), 201-208.

Haryanto, H. C. (2016). Keselamatan dalam berkendara: Kajian terkait dengan usia dan jenis kelamin pada pengendara. Inquiry: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(2), 92-107.

Hendriana, H., Johanto, T., & Sumarmo, U. (2018). The role of problem-based learning to improve students' mathematical problem-solving ability and self-confidence. Journal on Mathematics Education, 9(2), 291-300.

Hidayati, A., & Hendrati, L. Y. (2016). Analisis risiko kecelakaan lalu lintas berdasar pengetahuan, penggunaan jalur, dan kecepatan berkendara. Jurnal Berkala Epidemiologi, 4(2), 275-287.

Hotimah, H. (2020). Penerapan metode pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa sekolah dasar. Jurnal edukasi, 7(2), 5-11.

Huang, S. Y., Tarng, W., & Ou, K. L. (2023). Effectiveness of AR board game on computational thinking and programming skills for elementary school students. Systems, 11(1), 1-31.

Jordi, D., Faisal, D., Ahdi, S. (2017). Perancangan board game edukatif tentang peduli lingkungan untuk anak usia 7-12 tahun. Dekave: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 6(1), 1-20.

Kumalasari, L. D., Hapsari, I., & Sujatmiko, G. (2024). Perancangan board game untuk meningkatkan kesadaran remaja dalam berlalu lintas. Productum: Jurnal Desain Produk (Pengetahuan dan Perancangan Produk), 7(2), 155-160.

Kurniawan, R., Razaq, A. G., & Poerbaningtyas, E. (2021). Perancangan board game sebagai media penunjang untuk meningkatkan minat kegiatan ekstrakurikuler pramuka penggalang siswa sekolah dasar. Jurnal Desain, 8(2), 132-146.

Kustyarini, K., Utami, S., & Koesmijati, E. (2020). The importance of interactive learning media in a new civilization era. European Journal of Open Education and E-Learning Studies, 5(2), 48-60.

Kuswanto, K., Uswanto, H., & Anderson, I. (2022). Sosialisasi kesadaran hukum dalam rangka meningkatkan pengetahuan berlalu lintas siswa dan siswi SMP Negeri 1 Muaro Jambi Tahun 2021. Bernas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 66-70.

Lubis, L. H., Febriani, B., Yana, R. F., Azhar, A., & Darajat, M. (2023). The use of learning media and its effect on improving the quality of student learning outcomes. International Journal of Education, Social Studies, And Management (IJESSM), 3(2), 7-14.

Maxmudova, D., Khudoynazarov, E., Pazilova, M., Alyaminov, K., Abilova, G., Sherimbetova, Z., & Korabayev, S. (2024). Improving media literacy among higher education students through vitagenic information. Qubahan Academic Journal, 4(4), 411-442.

Meilasari, S., & Yelianti, U. (2020). Kajian model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran di sekolah. Bioedusains: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 3(2), 195-207.

Mubalus, S. F. E. (2023). Analisis faktor-faktor penyebab kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Sorong dan penanggulangannya. Soscied, 6(1), 182-197.

Mufida, A., & Abidin, M. R. I. (2021). Perancangan board game sebagai media pembelajaran Bahasa Inggris anak usia 6-10 tahun. BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 2(3), 44-59.

Muryatma, N. M. (2018). Hubungan antara faktor keselamatan berkendara dengan perilaku keselamatan berkendara. Jurnal Promkes, 5(2), 155-166.

Najjemba, J. L., & Cronjé, J. (2020). Engagement with and participation in online role play collaborative arguments: A sociocultural perspective. Electronic Journal of e-Learning, 18(5), 436-448.

Naldi, A., Oktaviandry, R., & Gusmaneli, G. (2024). Model pembelajaran role playing dalam meningkatkan fokus peserta didik. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(2), 133-140.

Ningsih, A. M. (2019). penerapan model pembelajaran role playing pada matakuliah english for media untuk mahasiswa sastra Inggris UMN Al-Washliyah. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(1), 443-447.

Noda, S., Shirotsuki, K., & Nakao, M. (2019). The effectiveness of intervention with board games: A systematic review. BioPsychoSocial Med, 13(22), 1-21.

Nurfaizah, N., Maksum, A., & Wardhani, P. A. (2021). Pengembangan board game untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SD. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14(2), 122-132.

Othman, M. K., & Ching, S. K. (2024). Gamifying science education: How board games enhances engagement, motivate and develop social interaction, and learning. Education and Information Technologies, 29(18), 24525-24561.

Pradnyadipta, I. M. H., Pratiwi, K. H. P., Setiawan, D. W. N., & Sulistyo, A. B. (2024). Kampanye keselamatan berkendara oleh Tim IYRSW (Indonesia Youth Road Safety Warrior) Politeknik Transportasi Darat Bali Batch 3 di SMA Negeri 1 Kediri. Jurnal Peduli Masyarakat, 6(2), 419-430.

Pramono, A., Pujiyanto, P. & Arimbawa, A. (2019). Desain tematik game edukasi untuk peningkatan nilai kepedulian dan ketekunan pada karakter anak dengan model asinkron. Journal of Art, Design, Art Education and Culture Studies (JADECS), 4(1), 48-55.

Qin, L., Wang, H., Ning, W., Cui, M., & Wang, Q. (2024). New advances in the diagnosis and treatment of autism spectrum disorders. European Journal of Medical Research, 29(1), 1-11.

Rizanti, W. N., & Jufri, A. W. (2023). Peningkatan pendidikan karakter peserta didik melalui bahan ajar IPA berbantuan media game. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 114-120.

Rizqiyani, R., Karnita, N., Laela, W., Wati, K., & Rasilah, R. (2025). Effectiveness of using ludo game-based learning media to improve understanding of spatial building concepts in elementary school students: Literature review. Journal of Mathematics Instruction, Social Research and Opinion, 4(1), 91-104.

Rosyiddin, A. A. Z., Fiqih, A., Hadiapurwa, A., Nugraha, H., & Komara, D. A. (2023). The effect of interactive PowerPoint media design on student learning interests. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 8(1), 12-24.

Sadeghi, P., & Goli, A. (2024). Investigating the impact of pavement condition and weather characteristics on road accidents. International Journal of Crashworthiness, 29(6), 973-989.

Safitri, R., Wahyuri, A. S., & Ockta, Y. (2024). The impacts of the project-based learning and problem-based learning models with self-confidence on students’ learning outcomes. Indonesian Research Journal in Education| IRJE|, 8(1), 269-283.

Sari, P. (2019). Analisis terhadap kerucut pengalaman Edgar Dale dan keragaman gaya belajar untuk memilih media yang tepat dalam pembelajaran. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 42-57.

Sari, S., Syamsuri, A. S., & Karumpa, A. (2023). Penerapan metode role playing untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Inpres Langkowa Kabupaten Gowa. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, 1(3), 288-306.

Seftriyana, E., & Megasari, I. I. (2025). Teacher perceptions of educational board games based on Pancasila values to increase student learning interest in Civics learning. Inovasi Kurikulum, 22(2), 723-736.

Setyanugrah, F., & Setyadi, D. I. (2017). Perancangan board game sebagai media pembelajaran mitigasi kebakaran untuk anak sekolah dasar usia 8-12 tahun di Surabaya. Jurnal Sains dan Seni ITS, 6(1), 62-68.

Setyowati, D. L., Setyaningsih, Y., Suryawati, C., & Lestantyo, D. (2024). Indonesian version of the motorcycle rider behaviour questionnaire: Cross-cultural adaptation and validation. International Journal of Public Health, 13(3), 1276-1285.

Siswanto, J., Hidayati, T. S., Hadi, S., & Ayu, B. P. S. B. R. (2023). Penyuluhan keselamatan berlalu lintas pada SMK Negeri 2 Subang. Abdimas Galuh, 5(1), 658-668.

Sogen, M. M. B. (2025). The implementation of the role-playing model to enhance students' empathy in understanding social conflicts in social studies learning. Sosearch: Social Science Educational Research, 5(2), 91-97.

Sousa, C., Rye, S., Sousa, M., Torres, P. J., Perim, C., Mansuklal, S. A., & Ennami, F. (2023). Playing at the school table: Systematic literature review of board, tabletop, and other analog game-based learning approaches. Frontiers in Psychology, 14(1), 1-12.

Supit, D. (2021). Penggunaan media pembelajaran power point dan minat belajar siswa kelas VI Sekolah Dasar Advent UNKLAB. Cogito Smart Journal, 7(2), 447-459.

Tangidy, A. M., & Setiawan, T. A. (2016). Toleransi melalui model budaya Pela Gandong menggunakan media board game untuk mahasiswa. Sabda: Jurnal Kajian Kebudayaan, 11(2), 16-25.

Tsani, D. F., & Saputra, W. R. (2021). Pengembagan media pembelajaran board game go-metra untuk kemampuan berpikir kreatif matematis materi transformasi geometri. Circle: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 14-29.

Wahyuni, D. (2024). Pancasila education as one of the forms of national character in the global era. Research Horizon, 4(1), 17-24.

Wardani, I. S., & Fiorintina, E. (2023). Building critical thinking skills of 21st century students through problem based learning model. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 12(3), 461-470.

Widiyanto, J., & Yunianta, T. N. H. (2021). Pengembangan board game TITUNGAN untuk melatih kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 425-436.

Widiyatmoko, W., Susanto, A., & Anitasari, M. E. (2023). Studi pemahaman keselamatan berkendaraan (safety riding) mahasiswa program studi pendidikan teknik otomotif. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik, 2(4), 27-36.

Widyasari, D., Miyono, N., & Saputro, S. A. (2024). Peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran problem based learning. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 61-67.

Yuliasari, I. (2023). Model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar IPS SD. Buletin Ilmiah Pendidikan, 2(2), 171-178.

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(01), 61-78.

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81-96.

Published

28-11-2025

Similar Articles

31-40 of 50

You may also start an advanced similarity search for this article.