The Impact of experimental methods on Science learning outcomes at SDIP YLPI Pekanbaru

Authors

  • Fitri Nabila Universitas Islam Riau
  • Putri Octa Hadiyanti Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.83

Keywords:

experimental method, science learning, student learning outcomes

Abstract

This study aims to examine the effect of experimental methods on the learning outcomes of fourth-grade students at SDIP YLPI Pekanbaru regarding the topic of “Perubahan Wujud Benda”. The research employed a quantitative, nonequivalent control group design, involving two non-randomly selected groups: an experimental group and a control group. The experimental group was taught using hands-on experiments, while the control group received traditional instruction. A multiple-choice test was used to assess students’ learning outcomes before and after instruction. The data analysis revealed a significant difference in the posttest scores between the two groups. Students who experienced the experimental method showed higher learning gains compared to those taught conventionally. This finding suggests that experimental methods can be more effective in enhancing students’ understanding of material changes. The study highlights the importance of active learning strategies in science education and recommends the broader implementation of experimental approaches in elementary classrooms to promote student engagement and conceptual mastery.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar murid kelas IV SDIP YLPI Pekanbaru pada materi “Perubahan Wujud Benda”. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain Nonequivalent Control Group Design, di mana dua kelompok murid, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dipilih tanpa pengacakan. Kelompok eksperimen menggunakan metode pembelajaran eksperimen, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar, yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Murid yang mengikuti pembelajaran dengan metode eksperimen menunjukkan peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa metode eksperimen lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman murid terhadap konsep perubahan wujud benda. Temuan ini merekomendasikan penerapan metode eksperimen sebagai strategi pembelajaran aktif yang dapat mendorong keterlibatan murid dan memperkuat konsep dalam pelajaran IPA di sekolah dasar.

Kata kunci: capaian belajar murid; metode experimental; pembelajaran IPAS

References

Anisa, A. N. (2023). Ki Hajar Dewantara dan revolusi pendidikan pada masa pergerakan nasional di Indonesia. Jejak: Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, 3(1), 88-96.

Asmaarobiyah, R., Rosmilawati, I., & Juansah, D. E. (2025). Pendekatan pendidikan Matematika melalui Realistic Mathematics Education (RME) di Sekolah Dasar: Systematic literature review. Journal of Instructional and Development Researches, 5(3), 251-267.

Azumah, K., Septiani, S., Hamidah, S. H., & Susanto, A. (2025). Implementasi ragam metode pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Progresif, 6(2). 58-66.

Berutu, K. A. F. B., & Tambunan, E. P. S. (2025). TGT learning model assisted by puzzle on students' learning outcomes in the excretory system. Inovasi Kurikulum, 22(3), 2035-2050.

Fauziah, F. M. (2022). Systematic literature review: Bagaimanakah pembelajaran IPA berbasis keterampilan proses Sains yang efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis?. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(3), 455-463.

Fauziah, S. R., Sutisnawati, A., Nurmeta, I. K., & Hilma, A. (2022). Pengaruh metode eksperimen berbantuan media kit IPA terhadap kemampuan literasi sains dan karakter rasa ingin tahu siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 457-467.

Fazriani, H. N., Juliani, E. P., Kurniawati, P., Sa'diyah, H., Su'adah, M., Fikri, M. A., & Ratnasari, Y. (2024). Systematic literature review: Pengaruh metode eksperimen dalam meningkatkan pemahaman konsep perubahan wujud zat di sekolah dasar. Peshum: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 3(5), 650-657.

Hurit, A. A., & Wati, M. L. (2020). Meningkatkan hasil belajar IPA menggunakan metode eksperimen pada siswa kelas IV sekolah dasar. Musamus Journal of Primary Education, 2(2), 85-90.

Ichiana, N. N., Razzaq, A., & Ahmad, A. K. (2023). Orientasi kurikulum merdeka: Hambatan belajar Matematika dalam capaian pembelajaran berpusat pada peserta didik. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(4), 1162-1173.

Jafar, A. F. (2021). Penerapan metode pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar Fisika peserta didik. Al-Asma: Journal of Islamic Education, 3(2), 190-199.

Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, H., & Mustabsyirah, M. (2024). Peran guru pendidikan agama Islam dalam membangun karakter peserta didik upaya penguatan moral. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25-37.

Khalida, B. R., & Astawan, I. G. (2021). Penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 182-189.

Laila, I. N. (2021). Metode eksperimen untuk meningkatkan pemahaman konsep perubahan bentuk benda di kelas 2 SDN Kepanjen Kidul Kota Blitar. Edukasia Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 269-278.

Mayangsari, N., Khoirunnisa, K., Fitria, D., Fauziah, S., Rizkia, N. P., Hoiriyah, V. N., & Wasito, M. (2024). Persepsi guru terhadap penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 202-209.

Nafiqoh, H., & Wulansuci, G. (2020). Mengembangkan sikap sains anak usia dini melalui metode pembelajaran eksperimen Berbasis Belajar di Rumah (BDR). Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(2), 98-104.

Nurlaela, E. (2023). Peningkatan kemampuan kognitif anak melalui metode eksperimen dalam pembelajaran Sains. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(2), 102-110.

Oktaviana, N., Suriansyah, A., & Rafianti, W. R. (2025). Literature review: Penerapan model kooperatif untuk meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Maras: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 3(1), 11-18.

Pamungkas, W. A. D., & Koeswanti, H. D. (2021). Penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 346-354.

Pratiwi, A., Hikmah, F., Adiansha, A. A., & Suciyati, S. (2021). Analisis penerapan metode games education dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 1(1), 36-43.

Pratiwi, U., Akhdinirwanto, R. W., Fatmaryanti, S. D., & Ashari, A. (2020). Penerapan metode eksperimen materi Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) pada kegiatan praktikum Fisika Dasar untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa MA Al-Iman Bulus Purworejo. Surya Abdimas, 4(1), 1-7.

Putra, E. D., & Lutfiyah, L. (2020). Perbandingan model pembelajaran mind mapping berbantu LKS dengan metode ceramah terhadap hasil belajar siswa. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 2(2), 33-45.

Segara, S. C., Salma, I., & Siregar, P. A. (2025). Menumbuhkan semangat belajar remaja: Kajian psikologi pendidikan tentang faktor internal dan eksternal motivasi. Journal of Sustainable Education, 2(2), 280-288.

Sondang, F. (2023). Upaya Meningkatkan hasil belajar IPA materi listrik dinamis melalui metode eksperimen. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(2), 225-234.

Sukma, Y. L., Subekti, E. E., & Masudah, M. (2024). Penerapan metode eksperimen pada materi rangkaian listrik siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 149-154.

Sulastri, I. (2020). Upaya meningkatkan hasil belajar konsep perubahan wujud benda siswa sekolah dasar melalui metode eksperimen. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 24-35.

Susilowati, D. (2023). Peningkatan keaktifan belajar peserta didik melalui implementasi metode eksperimen pada mata pelajaran IPAS. Khazanah Pendidikan, 17(1), 186-196.

Syaharani, E. R., Cahyaningrum, S. N., & Putri, N. N. E. (2024). Literature review: Efektivitas metode pembelajaran tanya jawab dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 12-12.

Ulya, N., Eljinsa, S., & Rahmawan, S. (2025). Literature review: Penerapan metode eksperimen berbasis lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar kimia peserta didik SMA. Oxygenius: Journal of Chemistry Education, 6(2), 59-67.

Utami, P. R., Rahmawati, L., & Noktaria, M. (2025). Pengembangan kompetensi dan soft skill dalam implementasi kurikulum merdeka: Tinjauan literatur. Manajerial: Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 5(1), 55-65.

Utaminingsih, R., & Nizaar, M. (2020). Pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari keaktifan siswa. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 4(2), 121-129.

Wahyudi, S. A., Siddik, M., & Suhartini, E. (2023). Analisis pembelajaran IPAS dengan penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(4), 1105-1113.

Published

28-11-2025

Similar Articles

31-40 of 100

You may also start an advanced similarity search for this article.