Inquiry-based learning and motivation effects on fifth graders’ IPAS achievement

Authors

  • Waldio Manihuruk Universitas Negeri Medan Author
  • Dede Ruslan Universitas Negeri Medan Author
  • Aman Simaremare Universitas Negeri Medan Author

DOI:

https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.68

Keywords:

inquiry learning, IPAS, learning motivation, learning outcomes

Abstract

Elementary school students' learning outcomes in Integrated Science and Social Studies (IPAS) are still influenced by low learning motivation and the suboptimal application of instructional strategies aligned with student characteristics. Inquiry learning strategies are believed to enhance learning activity and student engagement, yet their effectiveness in the primary education context requires further empirical validation. This study aims to examine the effects of inquiry learning strategies and learning motivation levels on the IPAS learning outcomes of elementary students. The research employed a quasi-experimental method with a 2x2 factorial design. The participants were fifth-grade students at SD Negeri 060959 Belawan, divided into four groups based on combinations of instructional strategies (inquiry and expository) and levels of learning motivation. Data analysis techniques included normality testing, homogeneity testing, and two-way ANOVA. The results revealed no statistically significant difference in IPAS learning outcomes between students taught using inquiry-based and expository strategies. However, a significant difference was found between students with high and low learning motivation. Furthermore, no significant interaction was found between learning strategy and motivation level in influencing learning outcomes. These findings emphasize the importance of strengthening students’ learning motivation and implementing adaptive instructional approaches that respond to the diverse characteristics of learners.

 

Abstrak

Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) peserta didik sekolah dasar masih dipengaruhi oleh rendahnya motivasi belajar dan belum optimalnya pemilihan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Strategi pembelajaran inkuiri dipercaya dapat meningkatkan aktivitas belajar dan keterlibatan peserta didik secara aktif, namun efektivitasnya masih perlu dibuktikan secara empiris dalam konteks pendidikan dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh strategi pembelajaran inkuiri dan tingkat motivasi belajar terhadap hasil belajar IPAS peserta didik sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri 060959 Belawan yang dibagi ke dalam empat kelompok berdasarkan kombinasi strategi pembelajaran (inkuiri dan ekspositori) dan tingkat motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan ANOVA dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara strategi inkuiri dan ekspositori terhadap hasil belajar IPAS. Namun, terdapat perbedaan yang signifikan antara peserta didik dengan motivasi belajar tinggi dan rendah. Interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar tidak memberikan pengaruh signifikan. Hasil ini menegaskan pentingnya memperkuat motivasi belajar peserta didik dan menerapkan pendekatan pembelajaran yang adaptif terhadap karakteristik peserta didik.

Kata Kunci: hasil belajar; IPAS; motivasi belajar; pembelajaran inkuiri

References

Afiyah, A. N., & Zulkarnaen, Z. (2025). Penerapan inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi siswa pada pembelajaran IPAS SD. Social: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 5(2), 306-316.

Ali, A., Dea Venica, S., Aini, W., & Faisal Hidayat, A. (2025). Efektivitas media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Journal of Information System and Education Development, 3(1), 1-6.

Alkan, F., Dinçdemir, D., & Yücel, A. S. (2021). Examining high school students’ cognitive structures on the concept of cleaning agent through word association test. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 7(2), 134-151.

Andriyani, Y., Safitri, N., & Yuniar, Y. (2024). Penggunaan media interaktif Baamboozle terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 816-824.

Anggita, A. D., Subekti, E. E., Prayito, M., & Prasetiawati, C. (2023). Analisis minat belajar peserta didik terhadap pembelajaran IPAS di kelas 4 SD N Panggung Lor. Inventa, 7(1), 78-84.

Aripin, N., Subaedah, S., Wahab, A., Nurlaelah, N., & Syahid, A. (2025). Efektivitas strategi pembelajaran ekspositori terhadap motivasi belajar siswa di SMPN 6 Alla kabupaten Enrekang. IQRO: Journal of Islamic Education, 8(2), 530-543.

Asmaliyah, F., Keriyani, N. M. I., & Nugroho, S. (2025). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model problem based learning dengan pendekatan culturally responsive teaching dalam pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 840-850.

Dezola, R. V., Istiyono, E., & Wilujeng, I. (2023). Student worksheets based on STEM integrated inquiry based learning: Needs analysis. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(8), 6247-6254.

Fahrurrozi, F., Sari, Y., & Simanjuntak, R. R. (2022). Penerapan model pembelajaran inkuiri sebagai upaya peningkatan hasil belajar IPS kelas 4 SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(5), 1348-1354.

Fhajri, J., Sumiyati, L., & Safitri, K. (2025). Strategi pembelajaran ekspositori dalam meningkatkan hasil evaluasi siswa pada materi rukhsoh dalam beribadah di kelas 7 SMPIT Harapan Umat Karawang. Jurnal Ilmiah Penelitian Mahasiswa, 3(3), 239-248.

Fitriyah, S. N., Suciptaningsih, O. A., & Mashfufah, A. (2024). Pengembangan bahan ajar IPAS berbasis kearifan lokal berbantuan aplikasi Heyzine pada muatan cerita tentang daerahku. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5230-5236.

Husnah, A., Fitriani, A., Patricya, F., Modesta, Handayani, T. P., & Marini, A. (2023). Analisis materi IPS dalam pembelajaran IPAS kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 3(1), 57-64.

Irawan, T., Dahlan, T., & Fitrianisah, F. (2023). Analisis penggunaan media video animasi terhadap motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(01), 212-225.

Isma, N., Azizah, M., & Antoko, L. (2025). Analisis motivasi belajar siswa melalui pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan CRT. Jurnal Pena Edukasi, 12(1), 13-20.

Jusuf, R., Tamalene, A. S., & Dewi, R. S. (2024). Inquiry learning-based natural and social sciences student worksheet to grow elementary school students’ critical thinking skills. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 8(4), 612-623.

Khairunisa, W., Sinaga, C. O., Situmeang, E. N. S., Silaban, E., Khoiri, F., Barus, M. N. B., Andari, S., & Simanullang, A. A. (2024). Kendala guru dalam pengembangan materi IPS terpadu dan upaya mengatasinya di MTs Islamiyah Medan. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 3(1), 01-11.

Khoiri, N. (2021). Efektivitas model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar. Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah, 2(1), 127-133.

Kusumayanti, D., Anta, I. M. N., & Hariani, N. M. M. (2024). Meningkatkan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran PKN siswa kelas IV di SD INPRES Sritabaang. Jatmika: Journal Education and Learning of Elementary School, 2(2), 164-174.

Marliani, L. P. (2021). Pengembangan video pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Paedagogy: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, 1(2), 125-133.

Maulana, A. I., Maharani, B. S., Saputri, P. A., & Sephia, A. P. (2023). Implementasi model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 1(1), 1-8.

Murdani, M. H., Sukardi, S., & Handayani, N. (2022). Pengaruh model problem based learning dan motivasi terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1745-1753.

Najwa, Angreni, R., Allo, M. A. P., Rara, G. T., Nasir, S. S., & Syafri, N. A. (2025). Pembelajaran ekspositori: Pendekatan efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran. Contemporary Education Review, 1(1), 30-40.

Nanda, E., & Murwitaningsih, S. (2025). Pengaruh model problem based learning berbantuan crossword puzzle terhadap hasil belajar IPAS kelas IV SD. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 50-56.

Ningrum, N. A. (2022). Strategi pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus dalam pendidikan inklusi. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 3(2), 181-196.

Nugraha, S. E., Kurniawati, Z. L., Lumowa, S. V. T., & Turista, D. D. R. (2024). Pengaruh model pembelajaran game based learning berbantuan media baamboozle terhadap motivasi dan hasil belajar Biologi kelas X SMA 2 Tenggarong Sebrang. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, 12(2), 144-153.

Nurdin, N., Ilyas, I., Latuconsina, N. K., Majid, A. F., & Rasyid, M. R. (2021). Perbandingan strategi inquiri dan strategi ekspositori terhadap hasil belajar Matematika siswa. Al Asma: Journal of Islamic Education, 3(2), 200-209.

Pamorti, O. A., Winarno, & Suryandari, K. C. (2024). Effectiveness of augmented reality based learning media to improve critical thinking skills on IPAS material. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(5), 2211-2219.

Pasaribu, E. P. K., Tanjung, S., & Hutasuhut, E. (2021). Influence of inquiry learning method and self-reliance learning on IPS outcomes in fourth grade at SD Negeri 060874. Jurnal Ilmiah Teunuleh, 2(1), 21-31.

Prayitno, P. (2023). Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan model pembelajaran inkuiri di kelas IX SMP Negeri 3 Martapura. Education, Journal of Technology and Literacy In, 2(1), 51-61.

Robbani, I. A., & Sumartini, T. S. (2023). Kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 185-192.

Rosfiani, O., Pratama, R. P., Zihni, K. Y., Ikhwan, R., & Nisa, N. A. A. (2025). Peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran inkuiri sosial pada siswa kelas 4 MI Muhammadiyah Rempoa. Islamika, 7(1), 233-248.

Safari, Y., & Aulia, A. R. (2024). Upaya meningkatkan motivasi belajar Matematika dengan media gambar. Karimah Tauhid, 3(8), 9126-9131.

Safitri, I. S., Noviyanti, S., Chan, F., Nurluthvia, K. M., & Simatupang, A. P. (2024). Analisis kesulitan siswa dalam pembelajaran IPS muatan IPAS di sekolah dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(1), 77-81.

Salamah, D., & Maryono. (2022). Pembelajaran team quiz berbantuan Quizizz terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 461-470.

Salikha, A. E., Nurkhaliza, M., Pratiwi, A. F., & Ferryka, P. Z. (2025). Studi literatur: Penerapan model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPAS di sekolah dasar. Global Education Trends, 3(1), 74-80.

Sari, M., & Nucifera, P. (2023). Effectiveness using expository and inquiry learning method’s on students’ ability text story. Hortatori: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 68-76.

Sari, P. S., & Maemonah, M. (2024). Analysis of project-based learning in IPAS subjects at Madrasah Ibtidaiyah: A progressivism perspective. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 14(2), 106-120.

Setiawan, M. A., Sriadhi, S., & Silaban, S. (2024). Enhancing critical thinking skill by implementing electronic student worksheets based on guided inquiry in natural science subject for elementary school. Jurnal Pendidikan Kimia, 16(3), 225-229.

Setyawati, R. C. (2023). Pengintegrasian kurikulum merdeka dalam pembelajaran IPAS. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 3(1), 33-44.

Shinta, M. H., & Sari, E. F. (2024). Peningkatan hasil belajar dan berpikir kritis IPAS materi sifat-sifat cahaya melalui penerapan e-LKPD liveworksheet berbasis PBL pada peserta didik kelas VB SD Negeri Miroto Kota Semarang. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 15(1), 36-43.

Sibuea, S. A., Amini, A., Ardini, R., Aminah, S., & Mailida, Y. (2023). Pengaruh strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap pemahaman siswa. Pustaka: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 4(1), 234-240.

Sinaga, A., Lydia, C., Simanjuntak, J. R., Panjaitan, M., Siregar, N., Ikhwani, M., & Tamba, R. A. (2024). Pengaruh model pembelajaran ekspositori terhadap pembelajaran Matematika di SMP Negeri 12 Medan. Indonesian Journal of Education and Development Research, 3(1), 219-225.

Siswoyo, A. A., Wijaya, B. R., & Efendi, S. F. (2025). Electronic student worksheets based on project-based learningintegrated with local wisdom in social science subjects as a form of implementation of creative pedagogy learning in elementary school. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 16(2), 369-400.

Sudarsi, S. (2023). Pengaruh pendekatan quantum learning dan ekspositori terhadap hasil belajar bahasa Indonesia ditinjau dari gaya belajar pada siswa kelas VI SDN Botok. Educator: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan, 3(3), 137-146.

Sukiati, R. T., & Hidayati, A. (2024). Pengaruh penerapan model ekspositori dan SOLE (Self Organized Learning Environment) terhadap hasil belajar matematika siswa. NJME: Numerical Journal Mathematics and Its Education, 1(1), 9-14.

Widad, H. M. Z., Jumiati, I. E., Rosyada, D. R. A., Septiani, M., Fahrezi, R., Gulantir, R. S., Gabe, Y. W. B., Umam, K., & Sajidah, A. (2022). Bimbingan belajar dalam meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar di desa Batukuwung. Bantenese: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 20-34.

Wijayanti, N., & Widodo, S. A. (2021). Studi korelasi motivasi belajar terhadap hasil belajar Matematika selama daring. Journal of Instructional Mathematics, 2(1), 1-9.

Yandi, A., Putri, A. N. K., & Putri, Y. S. K. (2023). Faktor-faktor yang mempengarui hasil belajar peserta didik (literature review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara: JPSN, 1(1), 13-24.

Yuniar, S., Maksum, A., Wardhani, P. A., & Apriliani, M. A. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis inkuiri untuk meningkatkan critical thinking peserta didik di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2488-2500.

Zaer, A. I., Habibirrahim, M., & Gusmaneli, G. (2024). Strategi pembelajaran inovatif dalam pendidikan inklusi di tingkat sekolah dasar. Edukasi Elita: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 154-161.

Published

29-08-2025

How to Cite

Manihuruk, W., Ruslan, D., & Simaremare, A. (2025). Inquiry-based learning and motivation effects on fifth graders’ IPAS achievement. Inovasi Kurikulum, 22(3), 1743-1756. https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.68

Similar Articles

51-58 of 58

You may also start an advanced similarity search for this article.