Development of IPAS worksheet using problem-based learning to improve critical thinking

Authors

  • Maisarah Nasution Universitas Negeri Medan Author
  • Ashar Hasairin Universitas Negeri Medan Author
  • Hasruddin Universitas Negeri Medan Author

DOI:

https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.99

Keywords:

critical thinking, problem-based learning, worksheets

Abstract

This research aimed to develop an instructional worksheet (LKPD) for Science and Social Studies (IPAS) based on the Problem-Based Learning (PBL) model assisted by Canva, which is valid, practical, and effective in improving elementary students’ critical thinking skills. The development was motivated by students’ low critical thinking abilities in IPAS and the lack of interactive teaching materials aligned with the Merdeka Curriculum. This study employed Research and Development (RnD) with a modified ADDIE model consisting of three stages: analysis, design, and development. The subjects included material experts, media experts, language experts, fourth-grade teachers, and fourth-grade students of SD IT Ummu Hafidzah, Deli Serdang. The instruments consisted of validation sheets, practicality questionnaires, and critical thinking tests. The results indicated that the LKPD was highly valid with average scores above 80% across all validation aspects. Its practicality was confirmed by positive feedback from teachers and students. Effectiveness testing through independent sample t-test and N-Gain analysis showed a significant increase in students’ critical thinking skills in the experimental class. These findings demonstrate that the PBL-based LKPD assisted by Canva is sufficiently effective in enhancing critical thinking skills.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) berbasis model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Canva yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar. Pengembangan dilakukan karena lemahnya daya kritis peserta didik dalam pembelajaran IPAS serta terbatasnya media ajar interaktif yang sesuai dengan karakteristik Kurikulum Merdeka. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (RnD) dengan model ADDIE yang dimodifikasi menjadi tiga tahap, yaitu analisis, desain, dan pengembangan. Subjek penelitian terdiri dari ahli materi, ahli media, ahli bahasa, guru kelas IV, serta peserta didik kelas IV SD IT Ummu Hafidzah Deli Serdang. Instrumen yang digunakan berupa angket validasi, angket praktikalitas, serta tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD tergolong sangat layak dengan skor rata-rata di atas 80% pada seluruh aspek validasi. Kepraktisan LKPD juga tinggi berdasarkan tanggapan guru dan peserta didik. Uji efektivitas menggunakan uji independent sample t-test dan N-Gain menunjukkan peningkatan signifikan kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen. Hasil tersebut menunjukkan bahwa LKPD berbasis PBL berbantuan Canva cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Kata Kunci: berpikir kritis; LKPD; problem-based learning

References

Adiilah, I. I., & Haryanti, Y. D. (2023). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPA. Papanda Journal of Mathematics and Science Research, 2(1), 49-56.

Agustin, D. T., Jumroh, J., & Destiniar, D. (2024). Pengembangan LKPD dengan menggunakan model problem based learning berbantuan media canva di SMK. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 137-146.

Ahmad, A., Saputra, E. E., & Suziman, A. (2025). Integrasi pendekatan teori belajar konstruktivisme melalui model project-based learning pada pembelajaran IPS di sekolah dasar. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 5(1), 469-475.

Ahmadiah, N., Amin, B. D., & Sari, S. S. (2023). Development of problem based learning oriented student worksheets in improving students’ critical thinking skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(2), 959-964.

Alfatih, A. M., Jannah, H., & Raharjo, R. (2024). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran multimedia interaktif di madrasah ibtidaiyah. Sittah: Journal of Primary Education, 5(2), 128-141.

Alpisah, A., Rahmah, A. K., Suhartini, S., Nurhikmah, N., & Maulida, N. (2023). Peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan pembelajaran model (PBL) pada pelajaran IPA kelas V. Jurnal Sultan Idris Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 31-46.

Amilia, W. (2022). Peran guru dalam pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi di sekolah dasar kota Sawahlunto. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 254-264.

Anjelina, M., Nurjumiati, N., Ningsyih, S., & Khatimah, H. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis aplikasi Canva untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa SD. Galaxy: Jurnal Pendidikan MIPA dan Teknologi, 1(2), 43-47.

Artini, N. K. W. (2023). Jelajahi hambatan pendidikan: Penelusuran faktor-faktor kesulitan belajar IPA pada kelas VI SD nomor 1 Pangsan. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 5(2), 50-55.

Budiyanti, N., & Utami, R. D. (2024). Meningkatkan kemampuan bernalar kritis melalui model pembelajaran project based learning berbantuan media digital. Edu Research, 5(1), 109-120.

Chairy, A., Nahdiyah, A. C. F., & Volta, A. S. (2023). Optimalisasi dan mengeksplorasi kelebihan serta kekurangan pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SD/MI. Jurnal Penelitian, Pengembangan Pembelajaran dan Teknologi (JP3T), 1(3), 118-125.

Citradevi, C. P. (2023). Canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPA: Seberapa efektif? Sebuah studi literatur. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 270-275.

Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL): Suatu model pembelajaran untuk mengembangkan cara berpikir kritis peserta didik. Widya Accarya, 12(1), 61-69.

Deliana, A., Romalinca, R., Omerlin, O., Krisbet, K., & Meldawati, M. (2023). Efektivitas pemanfaatan Canva sebagai media pembelajaran luring. Multiverse: Open Multidisciplinary Journal, 2(2), 298-303.

Dikta, P. G. A. (2022). Validitas pengembangan LKPD IPA berorientasi Tri Hita Karana pada kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 12(1), 154-163.

Endaryati, S. A., Atmojo, I. R. W., Slamet, S. Y., & Suryandari, K. C. (2021). Analisis e-modul flipbook berbasis problem based learning untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis pembelajaran IPA sekolah dasar. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 300-312.

Febrianti, N. S., Utomo, A. P., & Supeno, S. (2021). Kemampuan berpikir kritis siswa SMP dalam pembelajaran IPA menggunakan media aplikasi android getaran dan gelombang. Optika: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 26-33.

Fitri, P. I. M., & Efendi, R. (2024). The need for developing Canva-based interactive learning media to improve students’ literacy abilities. Research in Education and Technology (REGY), 2(2), 50-59.

Halimah, S., Usman, H., & Maryam, S. (2023). Peningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di sekolah dasar. Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 3(6), 403-413.

Haq, A. K., Rizkiah, S. N., & Andara, Y. (2023). Tantangan dan dampak transformasi pendidikan berbasis digital terhadap kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(2), 168-177.

Hidayat, F. S., Nuha, U., & Rusdianto. (2024). Pengembangan E-LKPD berbasis three dimensional thinking graph untuk meningkatkan bernalar kritis pada pembelajaran IPA SMP. Paedagoria: Jurnal Kajian Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 15(4), 456-462.

Ikstanti, V. M., & Yulianti, Y. (2023). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep IPA siswa. Papanda Journal of Mathematics and Science Research, 2(1), 40-48.

Irawan, M. F., Zulhijrah, Z., & Prastowo, A. (2023). Perencanaan pembelajaran ilmu pengetahuan alam berbasis project based learning pada kurikulum merdeka di sekolah dasar. Pionir: Jurnal Pendidikan, 12(3), 38-46.

Khaira, H. S., Al Hafizh, M. F., Darmansyah, P. S. A., Nugraha, H., & Komara, D. A. (2023). Analysis of needs and teachers' perception towards business teaching materials at SMA Labschool UPI. Curricula: Journal of Curriculum Development, 2(2), 299-314.

Khovivah, A., Gultom, E. S., & Lubis, S. S. (2022). Pengembangan LKPD berbasis problem based learning dan pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 152-161.

Kurdiati, L. A., Apriana, R., & Saparini, S. (2024). Transformation of sustainability science education: PISA 2025 science framework and ESD on e-worksheets science in the context of the role of peatland in global warming phenomenon. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 7(2), 431-445.

Kurniawan, A. A., Rahmawati, N. D., & Dian, K. (2024). Pengaruh media pembelajaran interaktif Canva terhadap hasil belajar IPAS pada peserta didik kelas IV sekolah dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 179-187.

Lathifah, M. F., Hidayati, B. N., & Zulandri, Z. (2021). Efektifitas LKPD elektronik sebagai media pembelajaran pada masa pandemi COVID-19 untuk guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 25-30.

Maharani, N. K. A. W., Riastini, P. N., & Asril, N. M. (2024). Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berorientasi gaya belajar siswa terhadap minat belajar IPAS kelas IV sekolah dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora, 8(1), 77-84.

Maisarah, Ayudia, I., Prasetya, C., & Mulyani. (2023). Analisis kebutuhan media digital pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(1), 48-59.

Miasari, R. S., Indar, C., Purwoto, P., Salsabila, U. H., Amalia, U., & Syaiful, R. (2022). Teknologi pendidikan sebagai jembatan reformasi pembelajaran di Indonesia lebih maju. Al Hadi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 53-61.

Miftah, M., & Rokhman, N. (2022). Kriteria pemilihan dan prinsip pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK sesuai kebutuhan peserta didik. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(9), 641-649.

Mulyasari, D. W., Gunahardi, & Roemintoyo. (2022). E-LKPD based on Problem Based Learning (PBL) approach to measure Mathematics literacy ability of elementary students. IJEE: International Journal of Elementary Education, 6(3), 393-402.

Mursalim, M., Indrianto, I., Serliana, S., & Sonia, S. (2024). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan kontekstual pada pelajaran IPA kelas IV SDN 640 Ponnori. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 4(2), 172-183.

Naa’ifah, B. J., & Suprijono, A. (2024). Pengaruh pembelajaran transformatif dengan pendekatan kontekstual dan model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Trenggalek. Avatara, 15(3), 1-14.

Ndukang, S., Nau, G. W., & Missa, H. (2024). Pemanfaatan aplikasi Canva dalam mendesain LKPD interaktif bagi guru-guru SMP dan SMA se-kecamatan Kelubagolit kabupaten Flores Timur. Jurnal Vokasi, 8(3), 379-386.

Novibriawan, F. (2023). Literature review: E-learning sebagai sumber dan media belajar dalam kurikulum merdeka di sekolah dasar. Journal of Science and Education Research, 2(2), 31-37.

Nurhalizah, S., Agustiani, R., & Ramury, F. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis cerita bergambar dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) pada materi SPLDV untuk siswa kelas VIII SMP. Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 254-268.

Nursulistyo, E. D., Siswandari, S., & Jaryanto, J. (2021). Model team-based learning dan model problem-based learning secara daring berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Mimbar Ilmu, 26(1), 128-137.

Octaviani, R., Anas, N., & Lubis, R. (2024). Pengembangan LKPD berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis di sekolah dasar materi perubahan wujud benda. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(5), 109-123.

Prabandari, L., Fuadi, D., Sumardi, S., Minsih, M., & Prastiwi, Y. (2022). Analisis kebutuhan pengembangan LKPD IPA berbasis eksperimen sains untuk meningkatkan minat belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(4), 694-704.

Pratiwi, W. O., Sunyono, S., Rohman, F., & Firdaus, R. (2024). Unveiling the needs for ethnoscience-based e-worksheets to enhance nature of science and environmental awareness of elementary school students. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 7(1), 118-136.

Putra, I. M. C. W., Astawan, I. G., & Antara, P. A. (2022). Lembar kerja peserta didik digital berbasis PBL pada muatan IPA sekolah dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1), 155-163.

Rahmawati, E. (2021). Konsep pembelajaran menyenangkan bagi siswa kelas bawah tingkat sekolah dasar. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 171-178.

Ramadhani, D., & Rahayu, Y. S. (2024). Keefektifan E-LKPD berbasis pendekatan konstruktivisme pada sub materi pembelahan sel untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 12(3), 691-698.

Rosyiddin, A. A. Z., Fiqih, A., Hadiapurwa, A., Nugraha, H., & Komara, D. A. (2023). The effect of interactive PowerPoint media design on student learning interests. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 8(1), 12-24.

Santosa, A. W. (2022). Peningkatan keaktifan dan hasil belajar IPA dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) kelas V SD Negeri Sudimoro 2 tahun ajaran 2021/2022. Teaching: Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 234-239.

Sapitri, N. K. I., Ardana, I. M., & Gunamantha, I. M. (2022). Pengembangan LKPD berbasis pemecahan masalah dengan pendekatan 4C untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(1), 24-32.

Sari, G. K., & Fathurrahman, M. (2024). Pengembangan LKPD berbasis augmented reality sebagai media pembelajaran IPAS untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis kelas IV sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 2478-2491.

Septiari, N. K. (2025). Metacognitive-based learning management system in IPAS: A study on enhancing independence and critical thinking skills. Journal of Education Technology, 9(1), 172-180.

Setiawan, M. A., Sriadhi, S., & Silaban, S. (2024). Enhancing critical thinking skill by implementing electronic student worksheets based on guided inquiry in Natural Science subject for elementary school. Jurnal Pendidikan Kimia, 16(3), 225-229.

Sudarmin, & Azmin, N. (2024). Transformasi pendidikan untuk mengembangkan keterampilan abad 21 di sekolah dasar. JPIS Narasi: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(1), 21-24.

Susanti, D. A., Sultonurohmah, N., & Purwitasari, E. D. (2025). The effectiveness of using Canva application as a science learning media in elementary schools. Basica Journal of Arts and Science in Primary Education, 4(2), 89-100.

Suswati, U. (2021). Penerapan Problem Based Learning (PBL) meningkatkan hasil belajar Kimia. Teaching: Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 127-136.

Sutanto, S. (2024). Transformasi pendidikan di sekolah dasar: Peran guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di Indonesia. Jurnal Guru Sekolah Dasar, 1(1), 69-76.

Sutrisna, N., & Sasmita, P. R. (2022). Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMP. Science, and Physics Education Journal (SPEJ), 5(2), 34-39.

Suwastini, N. M. S., Agung, A. A. G., & Sujana, I. W. (2022). LKPD sebagai media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik dalam muatan IPA sekolah dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 311-320.

Te’a, Y. V., Noge, M. D., Wau, M. P., & Kaka, P. W. (2025). Keefektifan model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V SD pada pembelajaran IPAS. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 5(5), 4-15.

Umilatifah, A., & Faridi, F. (2024). Pengembangan media pembelajaran Canva mata pelajaran PAI dan BP fase D-sekolah menengah pertama. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(5), 91-104.

Widiastuti, N. L. G. K., & Priantini, D. A. M. M. O. (2022). Lembar kerja peserta didik berbasis kontekstual pada muatan pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 147-160.

Winda, R., Thana, H., & Ihsan, M. (2024). Pengembangan e-modul berbasis Canva digital pada bidang studi pendidikan agama Islam di SD Negeri 1 Porehu kecamatan Porehu kabupaten Kolaka Utara. Edutech: Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 2(2), 42-50.

Yunitasari, L., & Pratama, A. T. (2024). Development of integrated problem-based electronic student worksheets local potential of TPST piyungan on environmental change material. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(3), 1140-1149.

Published

29-08-2025

How to Cite

Nasution, M., Hasairin, A., & Hasruddin, H. (2025). Development of IPAS worksheet using problem-based learning to improve critical thinking. Inovasi Kurikulum, 22(3), 1685-1700. https://doi.org/10.64014/jik.v22i3.99

Similar Articles

41-50 of 62

You may also start an advanced similarity search for this article.