Implementation of curriculum models in ICT subjects at SD Al-Hidayah Majalengka

Authors

  • Abi Yasid Al’majid Universitas Pendidikan Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.64014/hipkin-jer.v2i2.165

Keywords:

curriculum development, elementary school, Information and Communication Technology, learning implementation

Abstract

Information and Communication Technology (ICT) learning in elementary school is a crucial foundation for equipping students with digital literacy from an early age. This study aims to identify how ICT learning is implemented at SD Al-Hidayah, particularly in terms of instructional structure, learning materials, teaching approaches, and alignment with applicable Basic Competencies. The research is motivated by the need to understand how ICT education is applied in practice as a response to the development of digital technologies and 21st-century education demands. A descriptive qualitative method was used, employing in-depth interviews, document analysis, and participatory observation as data collection techniques. The results show that ICT learning at the school is systematically implemented through instructional tools that refer to achievement indicators, contextually relevant materials, and hands-on learning approaches that encourage student engagement. However, challenges such as limited facilities and the need for further teacher training were identified. These findings highlight the importance of enhancing teacher competence and strengthening infrastructure as strategic efforts to optimize ICT learning at the elementary level.

 

Abstrak

Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di jenjang Sekolah Dasar menjadi fondasi penting dalam membekali peserta didik dengan literasi digital sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pelaksanaan pembelajaran TIK di SD Al-Hidayah, khususnya dari aspek struktur ajar, materi pembelajaran, pendekatan guru, serta kesesuaiannya dengan Kompetensi Dasar yang berlaku. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk memahami bagaimana pembelajaran TIK diimplementasikan di lapangan sebagai respons terhadap perkembangan teknologi digital dan tuntutan pendidikan abad 21. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, analisis dokumen, dan observasi partisipatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran TIK di sekolah tersebut telah dilaksanakan secara sistematis dengan perangkat ajar yang mengacu pada indikator keberhasilan, materi pembelajaran yang kontekstual, serta pendekatan praktik langsung yang mendorong keterlibatan aktif peserta didik. Meskipun demikian, beberapa kendala seperti keterbatasan fasilitas dan kebutuhan pelatihan guru masih ditemukan. Temuan ini menekankan pentingnya peningkatan kompetensi pendidik dan penguatan infrastruktur sebagai langkah strategis dalam optimalisasi pembelajaran TIK di tingkat sekolah dasar.

Kata Kunci: implementasi pembelajaran; pengembangan kurikulum; sekolah dasar; teknologi informasi dan komunikasi 

References

Ahmad, A. K. (2024). Kurikulum merdeka dalam studi kasus PBL: Penerapan, kendala, dan solusi. Jmlipare, 3(1), 15-28.

Anjelia, B., Umami, R., Octavury, Y., Hidayat, S., Saputri, W., & Sidik, B. R. (2024). Analisis persepsi guru dalam kajian perbandingan efisiensi terkait RPP pada kurikulum 13 dan modul ajar pada kurikulum merdeka. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 8(2), 246-260.

Asfiana, A., Fitriyani, F., & Rokhimawan, M. A. (2025). Analisis tantangan dan kelebihan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi pada kurikulum merdeka di sekolah dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 187-193.

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan kurikulum merdeka dalam satuan pendidikan serta implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(2), 56-67.

Dawami, Murhayati, S., & Zaitun. (2025). Integrasi nilai Islam dalam model kurikulum berbasis TIK. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman, 20(1), 58-66.

Djumanto, D. (2022). Integrasi media pembelajaran pada kurikulum merdeka belajar di lingkungan siswa SMK. Edugama: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan, 8(1), 1-20.

Fauzi, F. M., Kusdiantie, M., & Azzam, M. S. A. (2024). Learning media transformation: Before, during, and after the COVID-19 pandemic. Hipkin Journal of Educational Research, 1(2), 227-238.

Fauziah, L. N. T. W. S. (2020). Analisis pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK di Sekolah Dasar Negeri Pengadilan 5 Kota Bogor. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(4), 1-5.

Heriyati, T. S. (2023). Adaptasi kurikulum merdeka dengan model pembelajaran berbasis problem solving pada pendidikan agama Kristen. Inspirasi: Jurnal Ilmu-ilmu sosial, 19(2), 713-720.

Indriyani, N., Darmansyah, & Desyandri. (2022). Desain model dan media pembelajaran berbasis ICT (Information and Communication Technology) pada tingkat sekolah dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1741-1758.

Jauhari, M. N., Mambela, S., Shanty, A. D., Nurmasari, D., Usfinit, A. H., & Batlyol, A. (2022). Optimalisasi media dan teknologi asistif dalam kurikulum merdeka belajar di sekolah inklusi. Kanigara, 2(2), 446-452.

Khaira, H. S., Al Hafizh, M. F., Darmansyah, P. S. A., Nugraha, H., & Komara, D. A. (2023). Analysis of needs and teachers' perception towards business teaching materials at SMA Labschool UPI. Curricula: Journal of Curriculum Development, 2(2), 299-314.

Kholid, I., Al Basyari, M. M., Anam, K., & Lestari, L. (2024). Pelatihan penyusunan RPP dan modul ajar versi ringkas dalam kurikulum merdeka di SD/MI Se-Kecamatan Compreng Kabupaten Subang. Budimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 1-8.

Komara, D. A., & Widjaya, S. N. (2024). Memahami perilaku informasi gen-z dan strategi melawan disinformasi: Sebuah tinjauan literatur penggunaan media sosial. Jurnal Pustaka Ilmiah, 10(2), 155-174.

Kurniawan, F. F., Rahmah, A. H., Anbiya, B. F., & Zubair, M. (2024). Mengintegrasikan teori pembelajaran konstruktivis melalui teknologi digital dalam pendidikan Islam. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 16(1), 82-89.

Lasut, E. M. M., Supit, D., & Lotulung, M. S. (2023). Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1401-1408.

Martatiyana, D. R., Derlis, A., Aviarizki, H. W., Jurdil, R. R., Andayani, T., & Hidayat, O. S. (2023). Analisis komparasi implementasi kurikulum merdeka dan kurikulum 2013. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 96-109.

Miftah, M. (2022). Strategi peningkatan kualitas pembelajaran melalui pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK. Diajar: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(3), 237-243.

Mujiyanto, M. (2024). Kemampuan guru sekolah dasar dalam implementasi kurikulum merdeka. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 18(2), 927-936.

Mukhlis, H., Haenilah, E. Y., Maulina, D., & Nursafitri, L. (2024). Connectivism and digital age education: Insights, challenges, and future directions. Kasetsart Journal of Social Sciences, 45(3), 803-814.

Munawaroh, L., Rokmanah, S., & Syachruroji, A. (2023). Penggunaan media pembelajaran berbasis Information and Communication Technology (ICT) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(1), 170-180.

Mustika, D., Maulana, M., & Syahid, A. A. (2024). Efektivitas model pembelajaran problem solving berbasis komputer dalam meningkatkan numerasi untuk persiapan AKM siswa sekolah dasar. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 4(4), 857-867.

Nirmala, S. U., Agustina, A., Robiah, S., & Ningsi, A. (2024). Penerapan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi pada kurikulum merdeka di sekolah dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 182-187.

Putra, L. D., Qur'ani, N., Indrayani, S., & Utami, M. F. (2023). Kompetensi guru dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi pada pembelajaran di SD Negeri Pakel. Jurnal Guru Kita, 7(4), 803-812.

Rahayu, O., & Yuliana, S. (2025). The Effectiveness of implementing the constructivist learning model in improving elementary school students' conceptual understanding. Didaskalos Journal, 1(1), 17-24.

Rahayu, P., & Sulistyo, W. Y. (2024). Peningkatan kompetensi guru dalam pembelajaran berbasis TIK melalui In House Training (IHT) di SDN 02 Moga. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 146-162.

Ratniasih, N. L., Harsemadi, I. G., & Vishnu, I. G. A. A. U. (2024). Pengembangan bahan ajar berbasis teknologi informasi dan komputer pada guru sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pengabdian dan Inovasi, 3(1), 41-40.

Ratno, P. P. (2022). Pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) menggunakan model problem based learning dan sains teknologi masyarakat. Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1-9.

Saputri, A. G., & Trihantoyo, S. (2022). Penerapan model pembelajaran problem solving dalam perspektif merdeka belajar di masa pandemi COVID-19. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(2), 352-363.

Sari, Y., & Jupriyanto, J. (2023). Pengembangan media interaktif terintegrasi model problem solving untuk siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 143-154.

Utami, V. A., & Muqowim, M. (2020). Pengintegrasian nilai-nilai keislaman dengan pembelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) pada siswa sekolah dasar. Jemari (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 2(2), 76-83.

Weng, X., Ng, O. L., Cui, Z., & Leung, S. (2023). Creativity development with problem-based digital making and block-based programming for science, technology, engineering, arts, and Mathematics learning in middle school contexts. Journal of Educational Computing Research, 61(2), 304-328.

Zahra, N., & Masyithoh, S. (2024). Strategi pembelajaran berbasis proyek pada anak sekolah dasar. Elscho: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 24-30.

Published

29-08-2025

Similar Articles

21-30 of 49

You may also start an advanced similarity search for this article.