Team collaboration as code of ethics: Implementation in educational technology career prospects

Authors

  • Salma Ambar Universitas Pendidikan Indonesia Author
  • Muhammad Ihsan Universitas Pendidikan Indonesia Author
  • Azhari Ramadhani Universitas Pendidikan Indonesia Author
  • Muhammad Nazuar Universitas Pendidikan Indonesia Author

Keywords:

code of ethics, educational technology, profession, team collaboration, work prospect

Abstract

Educational technology is a field of study that explores the use of technology to support the learning process. This research aims to review the current state of educational technology in Indonesia, provide systematic observations of journals, and give an overview of the current field status. The article has been peer-reviewed through double-blind peer-reviewed journal standards, where both authors and reviewers are anonymized during the review process. The method used in this research is qualitative descriptive method. The research findings indicate that educational technology continues to undergo rapid evolution, resulting in the need for teams that are not only technically skilled but also committed to strong work ethics. The implementation of collaborative ethical codes within educational technology teams is the main foundation for sustainable professionalism development and collective success. Graduates of educational technology have wide career opportunities, both in the education sector and beyond. By adhering to the professional code of ethics in educational technology, it is important to maintain integrity, professionalism, and responsibility in their profession. Therefore, graduates of educational technology can make a positive contribution to education and society development.

 

Abstrak

Teknologi pendidikan mempelajari pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Kolaborasi tim diperlukan untuk mengelola teknologi pendidikan secara efektif, meminimalkan kesalahan, dan menjaga konsistensi. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau keadaan terkini di bidang teknologi pendidikan di Indonesia, memberikan observasi sistematis terhadap jurnal, dan memberikan gambaran umum tentang tantangan yang dihadapi sebagai lulusan teknologi pendidikan. Penelitian ini dilakukan melalui pengamatan sejawat double-blind jurnal standar, di mana penulis dan penulis dianonimkan selama peninjauan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa teknologi pendidikan terus mengalami evolusi yang cepat, memunculkan kebutuhan akan tim yang tidak hanya terampil secara teknis tetapi juga berkomitmen pada etika kerja yang kuat. Implementasi kode etik kolaboratif dalam tim teknologi pendidikan merupakan landasan utama bagi perkembangan profesionalisme yang berkelanjutan dan kesuksesan bersama. Selain itu, tantangan yang dihadapi adalah komunikasi untuk memastikan bahwa semua anggota tim berkomitmen dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. Oleh karena itu, dengan menerapkan kolaborasi tim dan kode etik profesi teknologi pendidikan, lulusan teknologi pendidikan dapat memberikan kontribusi yang positif bagi pembangunan pendidikan dan masyarakat dengan tetap menjaga integritas, profesionalisme, dan tanggung jawab pada profesinya.

Kata Kunci: kode etik; kolaborasi tim; profesi; prospek kerja; teknologi pendidikan

References

Achyanadia, S. (2016). Peran teknologi pendidikan dalam meningkatkan kualitas SDM. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 11-21.

Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran teknologi pendidikan dalam pembelajaran. Islamika, 3(1), 123-133.

Alimuddin, A., Juntak, J. N. S., Jusnita, R. A. E., Murniawaty, I., & Wono, H. Y. (2023). Teknologi dalam pendidikan: Membantu siswa beradaptasi dengan revolusi industri 4.0. Journal on Education, 5(4), 11777-11790.

Argyanti, A., Fajriana, M., & Setiawati, L. Implementation of educational technology for teacher profession in Vocational High Schools. Inovasi Kurikulum, 20(1), 129-140.

Ariani, D. (2017). Aktualisasi profesi teknologi pendidikan di Indonesia. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 5(1), 1-9.

Efendi, N., & Sholeh, M. I. (2023). Manajemen pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 68-85.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.

Fitri, A., Alfahira, N., & Hayati, F. (2022). Membangun kerja sama tim dalam perilaku organisasi. Mudabbir: Journal Reserch and Education Studies, 2(2), 103-109.

Hamid, A. (2017). Guru profesional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 17(2), 274-285.

Harlianty R. A., Wilantika, R., Lestari, D. A., Pamungkas, Y. T. (2021). Stress pada mahasiswa yang menjalani perkuliahan online. Wellness and Healthy Magazine, 3(2), 275-288.

Hasbi, H. (2022). Implementasi kode etik mahasiswa pada perguruan tinggi. Tadribuna: Journal of Islamic Education Management, 2(2), 68-75.

Hardyati, D. P., Aji, M. L., & Putra, R. H. (2022). Implementasi penegakan kode etik profesi kepolisian pada kasus Novia Widyasari. Lontar Merah, 5(1), 486-496.

Karen, K., Yenanda, K., & Evelyn, V. (2022). Analisa pelanggaran kode etik akuntan publik pada PT Garuda Indonesia Tbk. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 2(1), 189-198.

Karina, Y., & Rustiana, A. (2019). Penerapan etika komunikasi dalam mempersiapkan profesionalisme di dunia kerja. Economic Education Analysis Journal, 8(1), 389-403.

Khamis, M. F., & Cosmas, G. (2023). Penglibatan program upskilling dan kebimbangan kerjaya terhadap kesediaan bekerja dalam kalangan pelajar tahun akhir. Jurnal Komunikasi Borneo (JKoB), 11, 214-221.

Kusumaryono, R. S. (2022). Etika profesi guru teknologi informasi, dan komunikasi dalam meminimalisasi pelanggaran kode etik. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(10), 16119-16135.

Mahmudah, N. (2024). Mengungkap kesadaran mahasiswa memilih program studi baru akuntansi syariah Universitas Al-Qolam Malang. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan dan Pendidikan, 6(1), 174-184.

Marjuni, A. (2020). Peran dan fungsi kode etik kepribadian guru dalam pengembangan pendidikan. Jurnal Pendidikan Kreatif, 1(1), 1-8.

Marti’ah, S. (2017). Kewirausahaan berbasis teknologi (technopreneurship) dalam perspektif ilmu pendidikan. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan dan Informatika, 3(2), 75-82.

Millati, I. (2021). Peran teknologi pendidikan dalam perspektif merdeka belajar di era 4.0. Journal of Education and Teaching (JET), 2(1), 1-9.

Nuraini, S. (2020). Penerapan etika administrasi publik sebagai upaya dalam mewujudkan good governance. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi, 14(1).

Rustama, A. (2020). Pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis penyelidikan (discovery learning) untuk meningkatkan keterampilan berpikir abad-21 pada mata pelajaran sejarah di Kelas XII IPS SMA Negeri I Cinangka. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 3(1), 139-153.

Sahaka, A. (2019). Profesi, profesional dan pekerjaan. Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah, 2(1), 61-69.

Salwa, A., Away, Y., & Tabrani, M. (2018). Pengaruh komitmen, integritas dan kompetensi terhadap kinerja pegawai serta dampaknya pada kinerja Komisi Independen Pemilihan (KIP) aceh. Jurnal Magister Manajemen, 2(1), 58-67.

Saykili, A. (2019). Higher education in the digital age: The impact of digital connective technologies. Journal of Educational Technology and Online Learning, 2(1), 1-15.

Sinaga, N. A. (2020). Kode etik sebagai pedoman pelaksanaan profesi hukum yang baik. Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara, 10(2), 1-34.

Sukmawati. (2016). Profesionalisme guru sekolah dasar. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 7(2), 1665-1677.

Sulistira, A. N. F., Nasichah, N., Qoblia, P. I., & Rizki, T. S. (2023). Peran komunikasi penerimaan aktif dalam membangun kerjasama tim di dalam organisasi. Indonesian Journal of Learning Studies (IJLS), 3(1), 1-8.

Supriyono, A. (2017). Pengaruh kompetensi pedagogik, profesional, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar. Jurnal Pendidikan, 18(2), 1-12.

Surani, D. (2019). Studi literatur: Peran teknolog pendidikan dalam pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 456-469.

Tufa, N. (2018). Pentingnya pengembangan SDM. Iqtishodiyah: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 4(2).

Wardani, D. A. W. (2023). Problem based learning: Membuka peluang kolaborasi dan pengembangan skill siswa. Jawa Dwipa, 4(1), 1-17.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, 2(2), 1-17.

Published

19-04-2024

How to Cite

Ambar, S., Ihsan, M., Ramadhani, A., & Nazuar, M. (2024). Team collaboration as code of ethics: Implementation in educational technology career prospects. Hipkin Journal of Educational Research, 1(1), 113-126. https://ejournal-hipkin.or.id/index.php/hipkin-jer/article/view/2

Similar Articles

1-10 of 34

You may also start an advanced similarity search for this article.